Penggunaan metode jet tempur dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an santri tingkatan ibtida'yah Madrasah Qiro'atil Qur'an Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri

Alfansyah, Rio (2021) Penggunaan metode jet tempur dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an santri tingkatan ibtida'yah Madrasah Qiro'atil Qur'an Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SKRIPSI ROYYAN COVER dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN BAB II.pdf

Download (801kB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
SKRIPSI ROYYAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

RIO, ALFANSYAH. 2020: Penggunaan Metode Jet Tempur Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Tingkatan Ibtida’iyah Madrasah Qiro’atil Qur’an Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Dosen Pembimbing Makhfud, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan Metode Jet Tempur, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan seseorang dalam membaca Al-Qur’an secara tartil dan memahami maksud serta mengerti makna yang terkandung dalam bacaan. Dalam membaca Al-Qur’an tentunya tidak boleh asal membaca, apabila asal membaca maka akan merubah makna dan isi kandungan dari Al-Qur’an tersebut, dan mengakibatkan yang membaca mendapatkan dosa, oleh karena itu dalam membaca Al-Qur’an hal yang harus dicapai adalah mampu membunyikan huruf dengan makhroj yang benar, sifat-sifat huruf juga terpenuhi, paham akan tempat waqaf dan ibtida’ dan tajwidnya juga harus benar. Untuk mencapai kemampuan membaca Al-Qur’an di atas, maka yang harus dilakukan adalah melakukan pembelajaran dan pengajaran tentang ilmu baca Al-Qur’an, dalam pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran tentunya tidak lepas dari metode pembelajaran yang dipakai. Dari uraian di atas, terdapat dua fokus yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana penggunaan metode jet tempur dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri tingkatan ibtidaiyah Madrasah Qiroatil Qur’an Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo? (2) Apa kelebihan dan kekurangan metode jet tempur dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri tingkatan ibtidaiyah Madrasah Qiroatil Qur’an Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terdapat pada subyek penelitian, data-data berupa kata-kata bukan angka-angka, data-datanya diambil dari wawancara, dokumen-dokumen dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Penggunaan Metode jet Tempur di Madrasah Qiro’atil Qur’an Al-Mahrusiyah dengan menggunakan dua sistem, yang pertama dengan sistem klasikal, adalah sistem belajar ilmu Al-Qur’an dengan cara melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. dan yang kedua sistem talaqi, adalah belajar membaca Al-Qur’an dengan cara guru mencontohkan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar terlebih dahulu kemudian murid-murid menirukan bacaan yang sama dengan apa yang dibacakan guru tersebut. (2) Kelebihan dan Kekurangan Metode Jet Tempur. Kelebihannya adalah (a) Menitik beratkan pada hafalan, metode jet tempur menitik beratkan pembelajaran dan pengajarannya dengan menghafalkan surat-surat tertentu dilandasi untuk mengalap berkah kepada para sahabat Nabi, dan dengan kelebihan ini setiam khotimin Madrasah Qiro’atil Qur’an dijamin sudah hafal Juz ‘Ama dan Sab’ul Munjiat. (b) Lebih mudah di fahami, karena dari tingkatan dasar telah di tekankan menghafal huruf Hija’iyah dan hal ini mengakibatkan santri mudah untuk menghafal materi tajwid, makhroj dan sifat huruf yang dari masing-msing materi tersebut memiliki pembagian huruf sendiri-sendiri. (c) Menggunakan waktu yang lebih singkat, karena metode jet tempur menerapkan sistem kenaikan tingkatan dua kali dalam satu tahun ajaran. Kelemahan Metode Jet Tempur adalah (a) Tidak di berlakukannya seleksi tes masuk yang membuat santri baru yang sudah pernah mondok terkesan menyepelekan pembelajaran karena santri tersebut merasa sudah mengerti tentang materi tersebut. (b) Di saat pembelajaran berlangsung guru yang aktif sehingga santri terkesan pasif. (c) Kegiatan belajar mengajar setiap harinya masih berjalan kurang efektif dikarenakan kegiatan belajar mengajar setiap harinya di laksanakan pada waktu susbuh dan hal ini membuat santri banyak yang terlambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Rio Alfansyah
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:51
Last Modified: 08 Dec 2022 02:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item