Implementasi pembelajaran Al-qur’an Metode An-nahdliyah dI TPQ AL MUKTAMAR Lirboyo Kota Kediri

Abdul, Syukur (2021) Implementasi pembelajaran Al-qur’an Metode An-nahdliyah dI TPQ AL MUKTAMAR Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text
bab I ns.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II ns.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
bab III ns.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
bab IV ns .pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)

Abstract

Kata kunci: Implementasi, Metode An-Nahdliyah. Dari masa ke masa, metode An-Nahdliyah dalam proses belajar mengajar berkembang pesat yang mengharuskan setiap guru bertindak secara professional dan disiplin. Dalam metode ini, buku paket An-Nahdliyah tidak dijual bebas kepada orang-orang yang ingin menggunakannya atau ingin menjadi pengajar, sebab pada metode An-Nahdliyah ini harus sudah mengikuti penataran calon guru metode An-Nahdliyah. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui (1) Penerapan metode An-Nahdliyah dalam belajar membaca al-Qur’an di TPQ Al Muktamar Lirboyo Kediri? (2) Hasil implementasi metode An-Nahdliyah terhadap penguatan kemampuan santri dalam membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Al Muktamar Lirboyo Kediri? Tujuan Penelitian semata-mata untuk mengetahui penerapan pembelajaran al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah serta hasil yang didapat dengan menggunakan metode An-Nahdliyah di TPQ Al Muktamar Lirboyo Kediri Jenis pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Jenis Penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, penelitian ini dilakukan di TPQ Al Muktamar Lirboyo Kota Kediri pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Metode An-Nahdliyah yang diterapkan di TPQ Al Muktamar dalam proses belajar mengajar menggunakan konsep program buku paket (PBP) 6 jilid dan program sorogan al-Qur’an. (2) pengucapan makhrajnya lebih bagus, santri lebih bisa membaca al-Qur’an dengan tartil dan sesuai dengan sifat dan makhorijul huruf, lebih mudah memahami cara membaca al-Qur’an dengan baik dan bacaannya lebih lancar, dengan metode An-Nahdliyah yang sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Abdul Syukur
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:08
Last Modified: 12 Dec 2022 04:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item