PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DALAM MASA COVID-19 DI BIMBEL AL-HAFIDZ KOTA KEDIRI

MISTIANINGSIH, DEWI (2021) PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DALAM MASA COVID-19 DI BIMBEL AL-HAFIDZ KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)

Abstract

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Keagamaan, Masa Covid-19 Kehadiran bimbingan di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membantu peserta didik dalam menuntut akademis, pelayanan bimbingan belajar di sekolah akan berjalan secara terpadu dengan program pembelajaran, dalam penyelenggaraan bimbingan belajar di pandang penting untuk melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dalam rangka penangganan persoalan siswa, peran serta bimbel sangat berpengaruh dalam kondisi seperti saat ini karena dengan menurunnya tingkat pembelajaran terutama dalam materi keagamaan yang tidak di dapat dari sekolah menyebabkan anak-anak kurangnya tanggung jawab terhadap kegiatan keagamaan menjadikan mereka malas untuk melakukan kegiatan keagamaan dimanapun berada dan tanpa adanya rasa tanggung jawab, Kondisi pembelajarannya dengan menyisipkan kegiatan keagamaan di setiap pertemuan setelah menyelesaikan tugas daring dari masing-masing murid sehingga sudah tidak adanya tanggungan tugas dari sekolah maka dari pembimbing/ guru mengkondisikan untuk kegiatan keagamaan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati tanpa memaksa dan hanya mengarahkan serta membimbing siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran keagamaan sesuai dengan kemampuan dan jika memungkinkan akan menambah materi pembelajaran keagamaan. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi materi keagamaan yang diberikan di bimbel Al-Hafidz Kota Kediri? (2) Bagaimana penerapan keagamaan di bimbel Al-Hafidz Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitati deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan, observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran keagamaan dalam masa covid-19 di bimbel Al-Hafidz Kota Kediri, dengan menggunakan cara: (a) fase pemberian kebiasaan yang baik (b) langkah pelaksanaan kegiatan keagamaan (c) fase pertanggungjawaban dalam pembelajaran keagamaan (2) Penerapan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keagamaan dalam masa covid-19 di bimbel Al-hafidz kota Kediri, memiliki dua faktor yaitu: Faktor pendukung dengan pendekatan belajar oleh pembimbing/ guru dan Faktor penghambat ada banyak aspek diantaranya: fisiologi, psikologis dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ARINI KHOIRUN NISA
Date Deposited: 04 Jul 2022 20:15
Last Modified: 04 Jul 2022 20:15
URI: http://repo.iai-tribakti.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item