Penerapan pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT PLUS AN-NUUR gapuk bulu semen kediri

Laila, Nur (2021) Penerapan pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT PLUS AN-NUUR gapuk bulu semen kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI (IAIT).

[img] Text
Cover.pdf

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)

Abstract

LAILA , NUR. 2021: Penerapan Pembelajaran Via Media Daring Masa Pandemi Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDIT AN-NUUR Gapuk Bulu Semen Kediri, Pendidikan Agama Islam, TarbiyahIAIT Kediri, Ahmad Masrukin, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Daring, Pembelajaran PAI Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan media internet tanpa ada batasan ruang dan waktu dalam menjalankan proses pembelajaran.Pembelajaran daring adalah salah satu solusi untuk mengatasi problematika pendidikan akibat pandemi COVID – 19 yang terjadi saat ini. Problematika pembelajaran Pendidikan Agama islam ( PAI ) di sekolah masih memerlukan pembenahan baik secara teknis, serta media yang berkaitan dengan proses kegiatanbelajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus peenelitian ini sebagai berikut:1)Bagaimana penerapan pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT PLUS AN-NUUR Gapuk Bulu Semen Kediri?. 2)Apakah faktor yang menjadi penghambat penerapan pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT PLUS AN-NUUR Gapuk Bulu Semen Kediri?. Dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring masa pandemi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT PLUS AN- NUUR Gapuk Bulu Semen Kediri. 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat penerapan pembelajaran daring. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif,dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula. Dalam proses pengumpulan data, penulis mengunakan metode observasi,interview,dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa penerapan daring era COVID-19 di SDIT PLUS AN-NUUR Gapuk Bulu Semen Kediri pada mata pelajaran pendidikan agama islam yakni: 1) Melakukan koordinasi dengan guru untuk pembelajaran daring dan bekerjasama dengan bapak ibu guru wali kelas untuk mendata siswa yang sudah bisa terhubung dengan pembelajaran dan siswa yang belum terhubung berusaha mencari solusi untuk kendala itu. Untuk tenaga pendidik sendiri sudah dipersiapkan untuk menghadapi pembelajaran daring. 2) Solusi untuk mengatasi penghambat pembelajaran daring yaitu dengan pemanfaatan sarana dan prasarana dengan optimal yang dapat menunjang pembelajaran daring, dengan pemberian modul pembelajaran untuk materi yang belum tersampaikan. Dan bagi siswa yang belum terhubung agar datang ke sekolahuntuk mengambil tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Nur Laila
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:59
Last Modified: 02 Dec 2022 08:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item