IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT MADRASAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MAN I KOTA KEDIRI

Ainur Rofiq, Ahmad (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT MADRASAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI MAN I KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut agama Islam tribakti.

[img] Text
COVER.docx

Download (60kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian.docx

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (420kB)
[img] Text
DAFRAR ISI.docx

Download (419kB)
[img] Text
surat persetujuan pembimbing.docx

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (420kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum Darurat, Covid-19 Pandemi Covid-19 merupakan musibah yang dialami hampir seluruh penduduk bumi. Seluruh segmen kehidupan ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, termasuk dalam pendidikan. Akan tetapi dalam kondisi apapun, negara tetap memiliki kewajiban untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu negara wajib mencarikan solusi agar kegiatan pembelajaran yang ada di madrasah tetap berlangsung. Negara perlu merumuskan regulasi yang dapat solusi agar kegiatan pemebelajaran tetep berjalan dengan baik meskipun dalam keadaan darurat Covid-19. Dalam kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan normal seperti biasanya, meskipun demikian peserta didik harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan juga pengajaran oleh karena itu pemerintah membuat kebijakan untuk menjawab tantangan di era pandemi Covid-19 ini dengan mencetuskan kurikulum baru yaitu kurikulum darurat. Rumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana perencanaan kurikulum darurat madrasah di tengah pandemi Covid-19 ? (2) Bagaimana penerapan kurikulum darurat madrasah di tengah pandemi Covid-19 ? (3) Bagaimana Evaluasi kurikulum darurat madrasah di tengah pandemi Covid-19 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai status suatu keadaan menurut apa adanya pada saat kegiatan penelitian dilaksanakan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi . Penelitian ini melibatkan berbagai pihak, yaitu: Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, Pendidik dan Peserta Didik yang ada di MAN I Kota Kediri. Hasil Penelitian, yaitu: (1) Pendidik harus terlibat di dalam kegiatan perencanaan karena pendidik merupakan ujung tombak dari penerapan kurikulum darurat ini selain itu sarana dan juga prasarana juga dibahas di dalam perencanaan ini (2) Dalam penerapan terbagi menjadi dua tingkatan, tingakatan madrasah yaitu kepala madrasah dan WAKA Kurikulum, sedangkan tingkatan kelas adalah pendidik. (3) Kurikulum darurat madrasah di MAN I Kota Kediri belum sepenuhnya berjalan dengan baik, kendala utama dalam penerapan kurikulum darurat madrasah di MAN I Kota Kediri adalah kurangnya penguasaan IT baik dari pendidik dan juga peserta didik, selain itu masalah kuota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 210 Filsafat dan teori agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ahmad Ainur Rofiq
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:47
Last Modified: 18 Nov 2023 02:31
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item