Pembelajaran tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri

Khoiriyah, Hidayatul (2021) Pembelajaran tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (922kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siklus makhluk hidup khususnya manusia di alam semesta dalam mempertahankan keberlangsungan hidupnya membutuhkan adanya suatu usaha dalam menjaga nyawanya (Hifd}zun Nafs) dengan berbagai macam cara. Akan tetapi perlu diingat bahwa tujuan manusia diciptakan di muka bumi ini bukanlah semata-mata dalam hal dunyawiyah saja, melainkan harus diimbangi dengan hal-hal yang bersifat ukhrawiyah. Karena inilah tujuan sebenarnya manusia itu diciptakan yang tak lain adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu adanya suatu pembelajaran/pendidikan yang dapat membimbing segenap manusia untuk mencapainya. Oleh karena itu kehadiran Ajaran Tasawuf sangatlah perlu ditanamkan kepada jiwa-jiwa manusia sebagai proses suatu bimbingan dalam hal ubudiyah untuk mendekatkan manusia terhadap penciptanya, karena fan ilmu tasawuf sendiri masih berhubungan dengan mental ruhaniyah agar selalu dekat dengan Tuhan. Melalui pembersihan hati dari segala penyakit hati, seperti sombong, tamak, merasa paling benar, fanatik buta terhadap satu pendapat, dengki, riya’, dan lain sebagainya. Tasawuf menjadi ajaran agama islam yang menekankan islam rahmatan lil ‘a>lami>n, dengan menjunjung tinggi akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari asumsi penulis diatas bahwa Pembelajaran Tasawuf dirasa amat sangat penting dalam membentengi serta menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi segenap penurus bangsa. Oleh karena itu, kehadiran Pondok Pesantren khususnya Pondok Pesantren Salafiyah diharapkan mampu mewujudkan cita-cita dengan memberikan pembelajaran tasawuf kepada para santri-santrinya itu dalam sebuah wadah Pendidikan Sufistik. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) “Materi Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri?”, (2) “Bagaimana Metode Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri?”, (3) “Bagaimana Pendekatan Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri?”. Pada penelitian Skripsi ini, penulis menggunakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat Etnometodologi-kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer yakni hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pimpinan/pengurus, guru/pengajar santri Pondok Pesantren Salafiyah, serta sumber skunder yang berupa dokumentasi atau arsip Pondok Pesantren terkait kegiatan penelitian. Pelaksanaan penelitian ini di Pondok Pesantren Salafiyah JL. KH. Agus Salim Gang V No. 27, Desa Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri Jawa Timur. Adapun pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan, yaitu: 1) Materi atau Kurikulum Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri dengan menggunakan kitab-kitab klasikal (kitab kuning) perspektif tasawuf diantaranya: ‘Aqi>datul ‘Awam dan juga menggunakan metode Jawab Soal Mu’taqod, Jawa>hirul Kala>miyyah, Tija>nud Duroriy, Kifa>yatul ‘Awam dan H}usunul H}amidiyah, Ih}ya’ ‘Ulu>middi}n dan kitab Al-H}ikam. (2) Metode Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri dengan menggunakan Metode Ngaji Bandongan, Tirakat, Majlis Ta’lim dan Metode Ceramah. (3) Pendekatan Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri yaitu dengan menggunakan pendekatan Takhalli, Tahalli dan Tajalli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Hidayatul Khoiriyah
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:22
Last Modified: 02 Dec 2022 02:22
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item