Manajemen pendidikan Madrasah Diniyah Pondok Pesantren HM Al Mahrusiyyah dalam mempertahankan nilai aswaja annahdliyyah

Arifin, Zayyin Mishbah (2021) Manajemen pendidikan Madrasah Diniyah Pondok Pesantren HM Al Mahrusiyyah dalam mempertahankan nilai aswaja annahdliyyah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Management dalam setiap Lembaga memang sangat vital perananya, baik dalam Lembaga apapun, termasuk dalam Lembaga Pendidikan baik berbasis formal maupun nonformal. Dalam hal ini management Pendidikan Madrasah Diniyyah HM. Al-Mahrussiyyah dalam mempertahankan nilai-nilai Aswaja hadir sebagai suatu Madrasah yang berlandaskan tuntunan Aswaja yang telah di sepakati oleh para Ulama Indonesia yaitu Aswaja An-Nahdliyyah seperti mengikut salah satu dari ke empat madzab dan lainya, di tengah-tengah bermunculanya berbagai aliran Islam yang radikal, liberal, dan kesemuanya itu juga mengatas namakan sebagai Aswaja, hal yang sedemikian rupa pasti membutuhkan management yang baik ataupun bagus, karna peranan management dan kepengurusanlah yang mampu menentukan bagaimana berjalanya segala tujuan yang telah disepakati bersama. Dari uraian di atas, maka dapat di ambil suatu rumusan masalah penelitian sebagaimana berikut : (1) Bagaimana penerapan management di Madrasah Diniyyah HM. Al-Mahrussiyyah dalam mempertahankan nilai Aswaja Annahdliyah? (2) Bagaimana hasil dari penerapan management di Madrasah Diniyyah HM. Al-Mahrussiyyah dalam mempertahankan nilai Aswaja Annahdliyah?. Berdasarkan lokasi penelitianya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode yang dipakai ialah teknik survey, dimana peneliti menguraikan data-data yang didapat secara fakta dan disertai dengan gagasan pemikiran yang di kolaborasikan dengan pendapat para Ahli. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara atau interview, observasi dan document, sedangkan analisis data menggunakan peruntutan data hasil penelitian, di sertai dengan penghayatan makna yang tersirat di dalam wawancara, observasi, ataupun data yang di dapat, yang kemudian di uraikan dan di sajikan sebagai khazanah keilmuan. Hasil penelitian, yaitu : (1) Adanya suatu didikan mendasar atau bisa disebut dengan batu loncatan untuk memahami Aswaja An-Nahdliyyah, selain dari bimbingan dan arahan-arahan dari Masyayikh, Pimpinan Madrasah, pengajar saja, namun dari segi bahan ajarnyapun sudah sangat mendukung guna mengenali, dan memahami Aswaja An-Nahdliyyah. (2) Dengan adanya management yang secara keseluruhanya berpatokan pada Aswaja, menimbulkan suatu keserasian dari segala pihak yang berperan didalam lembaga Madin Al-Mahrussiyyah, meliputi bahan ajar, pengajarnya dan peserta didik atau siswanya, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa lulusan Madrasah Diniyyah HM. Al-Mahrussiyyah berpegang teguh pada ajaran Aswaja ‘ala An-Nahdliyyah. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana bahan ajar kurikulumnya, prakter pengajarnya dalam mengarahkan siswa, serta para alumni-alumni dimana hampir semua yang diketahui berfaham Aswaja Annahdliyyah. Hal yang semacam ini menunjukkan adanya kecukupan dalam penerapan dan hasil dari pada management tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Zayyin MA Zayyin Zayyin
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:39
Last Modified: 02 Jan 2023 02:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item