Efektifitas metode crazy professor reading game dalam pembelajaran asma’ul husna terkait iman kepada Allah kelas X di SMK Al-Mahrusiyah kota Kediri

Musyafi'in, Musyafi'in (2021) Efektifitas metode crazy professor reading game dalam pembelajaran asma’ul husna terkait iman kepada Allah kelas X di SMK Al-Mahrusiyah kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Asmaul Husna adalah salah satu materi yang disajikan untuk siswa dan siwi SMK yang duduk di kelas X. Materi ini merupakan materi yang membutuhkan kreatifitas seorang guru dalam mengajarkannya. Karena, tanpa kreatifitas dari seorang guru, materi ini akan sulit dihafal apalagi difahami oleh siswa dan siswi setingkat SMK. Dalam mengajarkan materi asmaul husna, hendaknya seorang guru bisa mencari dan menggunakan sebuah metode yang mampu membuat siswa activ dan tidak bosan di dalam kelas. Sehingga materi asmaul husna dapat dfahami dan dihafalkan oleh siswa dan siswi dengan mudah. Salah satu metode yang bisa membuat siswa aktif dan tidak bosan didalam kelas adalah metode crazy professor reading game. Crazy professor reading game adalah salah satu metode yang bisa diterpkan dalam pengajaran asmaul husna. Karena, metode ini dapat membuat siswa aktif dan imajinatif dalam pembelajaran.Sehingga, siswa mampu menyerap, memahami dan menghafal materi asmaul husna dengan mudah. Dalam menerapkan metode ini, siswa diharuskan mengunakan gesture ( gerakan tubuh) serta menggunakan imajinasi mereka dalam menghafal asmaul husna. Hal ini, menyebabkan materi asmaul husna mudah difahami dan dihafal oleh siswa dan siswi setingkat SMK. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan metode crazy professor reading game? (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode crazy professor reading game dengan siswa yang tidak diajar menggunakan metode crazy professor reading game? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi ekspperimen. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi SMKS Al- Mahrusiyah Kelas X dan untuk sample nya diambil 2 ( dua) kelas yang memilliki nilai rata-rata yang hampir sama yaitu, kelas X TKJ-A dan X MM –A. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan T-test yang dihitung melalui aplikasi SPSS. Dan pada penelitian ini, telah ditemukan bahwa metode crazy professor reading game berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan adanya perhitungan pada uji paired sample t test . Pada uji paired sample t test , telah diketahui adanya perbedaan nilai pre test dan post test pada tiap-tiap sample Yang mana hasil nilai rata-rata nilai pre test kelas eksperimen adalah 66,56 sedangkan pada saat post test nilai rata-rata kelas eksperiment meningkat menjadi 79,20. Berdasarkan uji paired sample t test maka terdapat peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 12,640. Dan berdasarkan tabel uji paired sample t test juga diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001 dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 ( Sig. <0,001 < 0, 05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara nilai pre test dan post test pada kelas eksperimen tersebut. Selain itu, pada penelitian ini juga ditemukan bahwa siswa yang diajar menggunakan metode crazy professor reading game memiliki nilai yang lebih baik dari pada siswa yang diajar tanpa menggunakan metode crazy professor reading game. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan dari uji independent sample t tes, dimana pada uji independent sample t test diketahui bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar < 0,001. Dan nilai signifikasi < 0,001 < 0,05. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara hasil belajar siswa yang diberi treatmen menggunakan metode crazy professor reading game dengan siswa yang tidak diberi treatment menggunakan metode crazy professor reading game. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Crazy Professor Reading Game sangat efektif untuk diterapkan untuk mengajarkan materi asmaul husna pada kelas X di SMK Al-Mahrusiyah Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MUSYAFI'IN Musyafi'in
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:56
Last Modified: 03 Dec 2022 02:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item