IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI KEGIATAN BAHTSUL MASAIL KUBRO HM AL-MAHRUSIYAH PUTRA

Gina, Ma'rifatul (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI KEGIATAN BAHTSUL MASAIL KUBRO HM AL-MAHRUSIYAH PUTRA. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER DKK pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB II pdf.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (343kB)

Abstract

GINA, MA’RIFATUL.2021: Implementasi model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran fiqih melalui kegiatan Bahtsul Masail Kubro HM Al-Mahrusiyah putra, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. KH. Reza Ahmad Zahid, Lc., MA. Model pembelajaran Problem Based Instruction merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menyajikan suatu masalah yang nyata dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa dalam melakukan penyelidikan dan melakukan tanya jawab. Model pembelajaran Problem Based Instruction diterapkan pada kegiatan Bahtsul Masail Kubro yang merupakan program tahunan yang bertujuan untuk melatih santri agar dapat mengembangkan potensi melalui suatu kegiatan untuk mencari, memecahkan dan menemukan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran fiqih melalui kegiatan Bahtsul Masail Kubro serta hasil belajar santri setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran fiqih melalui kegiatan Bahtsul Masail Kubro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara terhadap informan berupa pembina, ketua umum, pengurus Lajnah Bahtsul Masail serta panitia dan peserta Bahtsul Masail Kubro. Proses analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan serta triangulasi. Penelitian ini menggunakan kerangka teori kontruktivisme. Penelitian ini menghasilkan temuan penelitian berupa Implementasi model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran fiqih melalui kegiatan Bahtsul Masail Kubro berupa: merumuskan masalah, menganalisis masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, pengujian hipotesis dan merumuskan pemecahan masalah, Serta hasil belajar santri dalam memahami fikih secara kontekstual dan lebih berani dalam mengemukakan pendapat berikut ibarot dan konsepnya serta dapat mempertahankannya. Kata Kunci: Problem Based Instruction, Bahtsul Masail Kubro

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lutfidatul Maspiah
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:55
Last Modified: 02 Dec 2022 02:55
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item