Relevansi kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo kota Kediri

Fatchiyah, Nurul (2021) Relevansi kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. COVER DKK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Sistem pendidikan madrasah salaf di pondok pesantren masih banyak keberadaannya di Indonesia. Namun banyak masyarakat memukul rata pandangan tentang madrasah salaf bahwa ini merupakan sistem kuno yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman. Sedangkan sistem pendidikan Indonesia saat ini menerapkan kurikulum 2013 yang fokus utamanya adalah pendidikan karakter. Madrasah salaf yang notabene berada di pesantren merupakan sistem pendidikan yang sejak dahulu mengutamakan pendidikan karakter. hal ini menunjukkan bahwa adanya relevansi antara kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan madrasah salaf. Dari uraian di atas, kiranya perlu dilakukan penelitian mengenai Relevansi Kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo Kota Kediri. Berdasarkan konteks di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut; 1) Bagaimanakah sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo Kota Kediri, 2) Bagaimanakah relevansi Kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo Kota Kediri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu pendekatan penulisan yang menghasilkan data yang deskriptif berupa data-data tertulis atau wawancara yang diamati. Adapun untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis data deskripsi refleksi. Sedangkan untuk tahap penelitian, penulis menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian terkait dengan sistem pendidikan di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo, yaitu bahwa sistem pendidikan di madrasah salaf ini hampir sama dengan sistem pendidikan formal yang menunjang kurikulum 2013. Sedangkan terkait dengan relevansi Kurikulum 2013 dengan sistem pendidikan di madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at (MHMTQ) Lirboyo adalah pada intisarinya terutama pada pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Depositing User: Amilatus Sholikhah
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:56
Last Modified: 02 Dec 2022 02:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item