UPAYA MUSTAHIQ DALAM MENINGKATKAN BACA KITAB FATHAL QORIB MELALUI METODE SOROGAN DI MADRASAH DINIYAH AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI

Quraisyi, Muhamad (2021) UPAYA MUSTAHIQ DALAM MENINGKATKAN BACA KITAB FATHAL QORIB MELALUI METODE SOROGAN DI MADRASAH DINIYAH AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Muhamad Quraisyi, 2021 “Upaya Mustahiq Dalam Meningkatkan Baca Kitab Fathal Qorib Melalui Metode Sorogan Di Madrasah Diniyah Al- Mahrusiyah Iii Ngampel Kota Kediri”. Skripsi Program Pendidikan Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, pembimbing Bpk. Wasito, M.Pd.I Kata Kunci : Baca Kitab Fathul Qorib, Madrasah Diniyah, Sorogan Metode membaca kitab dilakukan oleh pondok pesantren guna mengetahui sejauh mana kemampuan santri dalam membaca kitab. Pondok pesantren putra Al-Mahrusiyyah III ngampel adalah pondok pesantren yang masih memiliki sistem tradisional. Dengan sistem mengaji bandongan dan sorogan. Perlunya kelancaran dalam membaca kitab klasik terutama mengenai hukum Islam ditingkatkan di pesantren akhir-akhir ini menjadi penting, sebagaimana realitas yang terjadi.. Berpijak dari latar belakang di atas dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah untuk mengetahui masalah-masalah tentang managemen pembelajaran yaitu (1) Bagaimana proses Metode Sorogan dalam Pembelajaran membaca Kitab Fathul Qorib di . Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah III Ngampel Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca kitab Fathal Qorib Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah III Ngampel Lirboyo Kediri.? Di dalam pembahasan dan penelitian penulis menggunakan dua jenis pendekatan yaitu landasan teoritis dan studi lapangan. landasan teoritis merupakan pembhasan dengan mengkaji sumber-sumber pustaka yang berkaitan dengan judul menggunakan metode induktif. Sedangkan studi lapangan merupakan penelitian empiris untuk mendapatkan gambaran langsung tentang objek penelitian dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Untuk mengalisa data-data yang terkumpul penulis menggunakan teknis analisisyang bersifat kualitatif, kemudian penulis sajikan dalam bentuk penulisan deskriptif. Dari hasil analisis yang penulis kemukakan dapat disimpulkan bahwa: Pelaksanaan metode sorogan di Madrasah Al-Mahrusiyah Ngampel lirboyo dalam upaya meningkatkan baca kitab Fathal Qorib siswa/santri sudah sangatlah efektif dan sistematis, dimana metode yang diterapkan tersebut di peta-petakan menjadi beberapa pelaksanaan diantaranya : (1) Membaca, (2) Mengartikan, (3) Memahami Adapun Hasil dari penerapan metode pembelajran yang digunakan sorogan Madrasah Al-Mahrusiyah Ngampel Lirboyo dalam upaya meningkatkan Baca Kitab Fathal Qorib siswa/santri sudah sangatlah efektif, dimana Program sorogan sangat membantu sekali dalam meningkatkan baca dan mengartikan kitab dengan baik, selain dapat mengefektifkan segala waktu yang ada, program sorogan juga mampu meningkatkan hasil ujian semester santri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Quraisyi Muhammad Hasan
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:42
Last Modified: 02 Dec 2022 07:42
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item