Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Kedisiplinan Santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amsilati Gurah Kediri

Siti, Nabella (2022) Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Kedisiplinan Santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amsilati Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
skripsi BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Abstrak NABILA SITI, 2021: “Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Kedisiplinan Santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amsilati Gurah Kediri”. Sikripsi. Fakultas Tarbiyah Progam Study Pendidikan Agama Islam InstintutAgama Islam Tribakti Kediri, Dosen Pembimbing Ahmad Masrukin. M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Kedisiplinan. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memilikik peran yang strategis dalam membina, membentuk, mencetak generasi bangsa, da penerus ulama’, pembelajaran kitab kuning berbasis kedisiplinan adalah proses belajar mengajar antara guru dan siswa menggunakan kitab kuning dengan sutu kndisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari rangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, keteraturan dan ketertiban. Penilaian ini menjawab fokus penelitian: 1.) sistem yang diterapkan dalam menciptakan kedisplinan belajar kitab kuning di Madrasah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amsilati Gurah Kediri. 2. ) target yang ditetapka dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Pondok PesantrenHidayatul Mubtadi’in Grah Kediri. Penelitian ini menggunakan npendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adaalah studi kasus, pengmpulan datanya melalui ovservasi, wawncara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data kemudian ditarik kesimpulan. Penegecekan keabsahan datanya menggunakan strategi diantaranya stringulasi sumber, tringulasi metode, dan tringulasi peneliti. Temuan ini menunjukan bahwa: 1.) kedisiplinan belajar kitab kuning terdiri dari empat proses, yakni muraja’ah, musyawarah, bandongan dan sorogan. 2.) target kedisiplinan belajar, dengan hasil: terbentuknya karakteristik santri dengan waktu yang termanagemant, dan mampu membaca kitab kuning dengan waktu yang cepat dan faham

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: RIVAN MOCH
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:03
Last Modified: 30 Dec 2022 03:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item