Konsep nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta'limul Muta’alim

Badruzzaman, Muhammad (2022) Konsep nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta'limul Muta’alim. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
a. Cover.pdf

Download (434kB)
[img] Text
f. Abstrak.pdf

Download (430kB)
[img] Text
g. Daftar Isi.pdf

Download (434kB)
[img] Text
h. Bab 1.pdf

Download (688kB)
[img] Text
i. Bab 2.pdf

Download (510kB)
[img] Text
j. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
k. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
l. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
m. Daftar Pustaka.pdf

Download (341kB)

Abstract

Pendidikan adalah wadah untuk menciptakan manusia yang berkualitas. Proses pengembangan kemampuan manusia dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik hendaknya berjalan dengan seimbang. Namun, pada kenyataannya pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata seimbang. Karena gaya pendidikan dan pembelajaran yang cenderung formalistik dan hanya mementingkan capaian akademik semata. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut, (1) Bagaimana konsep nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta’limul Muta’alim? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta’limul Muta’allim pada dunia pendidikan Islam? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah Kitab Ta’limul Muta’allim, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yangbersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan content analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Ta’limul Muta’allim terdapat delapan butir nilai pendidikan karakter yaitu; (a). Musyawarah. (b). Sabar dan tabah. (c). Wara’. (d). Hormat dan khidmat. (e). Tekun. (f). Cita-cita luhur. (g). Menghargai (respek) diri sendiri. (h). Usaha sekuat tenaga 2. Kitab Ta’limul Muta’allim masih relevan sampai saat ini di dalam dunia pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung didalamnya, seperti, musyawarah, waro‟, cita-cita luhur, usaha sekuat tenaga dan lain sebagainya, akan sangat membantu di dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Depositing User: Robith Sabiq
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:10
Last Modified: 30 Dec 2022 03:10
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item