Strategi mengajar untuk mengembangkan pengetahuan dan karakter peserta didik menurut habib Umar bin Hafidz dalam kitab Maqashid Halaqat At-Ta'lim

Amin, Nasikhun (2021) Strategi mengajar untuk mengembangkan pengetahuan dan karakter peserta didik menurut habib Umar bin Hafidz dalam kitab Maqashid Halaqat At-Ta'lim. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Sampul dkk.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Kitab Maqashid Halaqat At-Ta’lim karya Habib Umar bin Hafidz sebagai respon atas fenomena pendidikan Islam saat ini. Dalam kitab tersebut, Habib Umar bin Hafidz merumuskan strategi-strategi pelaksanaan pendidikan. Di antaranya adalah strategi mengajar untuk mengembangkan pengetahuan dan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi mengajar untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik menurut Habib Umar bin Hafidz dalam kitab Maqashid Halaqat At-Ta’lim (2) mengetahui strategi mengajar untuk mengembangkan karakter peserta didik menurut Habib Umar bin Hafidz dalam kitab Maqashid Halaqat At-Ta’lim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi perspektif tokoh. Dalam penelitian ini tokoh yang dijadikan sentral studi adalah Habib Umar bin Hafidz. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan mengacu pada kitab Maqashid Halaqat At-Ta’lim. Hasil penelitian mengatakan bahwa dalam kitab Maqashid Halaqat At-Ta’lim Habib Umar bin Hafidz merumuskan beberapa strategi yang dapat ditempuh seorang guru untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik. Secara umum adalah memperhatikan suara dan gestur tubuh, memberikan kesimpulan materi, membuka ruang diskusi, menganjurkan mencatat hal-hal penting, memberikan pertanyaan, mengadakan ujian, memerintahkan untuk menghafal, menyisipkan humor dan motivasi, menggelar praktik, mengemas penyampaian materi, mengadakan remidial, mengadakan pengayaan, memberikan pujian dan reward, serta mengajar sesuai kurikulum. Dalam meningkatkan karakter peserta didik, Habib Umar bin Hafidz merumuskan beberapa strategi. Secara umum adalah menjelaskan keutamaan etika yang baik, mengajarkan dan mencontohkan cara berperilaku baik, menjadi teladan dalam kebaikan, memberikan pujian, menguatkan hubungan antar peserta didik, mengajarkan cara membagi waktu, membimbing perkembangan ilmu, membangun relasi dengan wali atau orang tua peserta didik, serta menegur secara bertahap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NASIKHUN AMIN
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:58
Last Modified: 08 Dec 2022 01:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item