Penerapan Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19

Roysatul M, Anis Binti (2021) Penerapan Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan terhalangnya kegiatan belajar mengajar di Indonesia. Sektor pendidikan yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan belajar dari rumah. Kebijakan ini juga berpengaruh kepada pelaksanaan kurikulum yang telah berjalan sebelumnya. Yang dimana kegiatan semula tatap muka kini digantikan dengan daring (dalam jaringan) yang mengubah beberapa pola pembelajaran sebelumnya. Adanya perubahan kegiatan pembelajaran maka berubah juga kurikulum yang diterapkan oleh sekolah. demikian penerapan kurikulum darurat pada sekolah MTsN 4 Kediri. Berangkat dari hal tersebut, penulis mengangkat sebuah kajian tentang Penerapan Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19 studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Kediri. uraian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana penerapan kurikulum darurat di MTsN 4 Kabupaten Kediri? Kedua Bagaimana Pembelajaran di MTsN 4 Kediri dengan menerapkan kurikulum darurat dimasa pandemi Covid-19? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Setiap masalah penelitian dipandang sebagai kasus yang bersifat mikro, baru kemudian ditarik kesimpulan. menggunakan analisis data dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan tehnik tringulasi yang memadukan data hasilwawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitain ini, peneliti menemukan data dimana penerapan kurikurim yang di laksanakan di sekolah MTsN 4 Kabupaten Kediri menerapakan konsep kurikulum dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. yaitu membuat kurikurum yang memadukan antara kurikulum darurat yang dibuat oleh Direktur Jendral Pendidikan Agama Islam dan kurikulum darurat sekolah MTsN 4 Kabupaten Kediri. Proses penerapan yang dilakukan oleh sekolah MTsN 4 Kabupaten Kediri dengan pembelajaran media e-learning, grup whatsapp, google classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Anis Binti Rosyatul M
Date Deposited: 10 Dec 2022 02:27
Last Modified: 10 Dec 2022 02:27
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item