Studi Komparasi Prestasi Belajar Santri Antara Yang Mengikuti kegiatan Program Belajar Wajib Dan Yang Tidak Mengikuti Program Belajar Wajib Di Pondok Pesantren Putri Lirboyo Hm Al-Mahrusiyah Kediri

Nia, Sikmatul Maula (2021) Studi Komparasi Prestasi Belajar Santri Antara Yang Mengikuti kegiatan Program Belajar Wajib Dan Yang Tidak Mengikuti Program Belajar Wajib Di Pondok Pesantren Putri Lirboyo Hm Al-Mahrusiyah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

Nia Sikmatul Maula, 2021: Studi Komparasi Prestasi Belajar Santri Antara Yang Mengikuti Kegiatan Program Belajar Wajib Dan Yang Tidak Mengikuti Program Belajar Wajib Di Pondok Pesantren Putri Lirboyo Hm Al-Mahrusiyah Kediri, Pendidikan Agama Islam Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti, Dosen Pembimbing KH.Melvien Zainul Asyiqien, M.Pd. Kata kunci: Studi Komparasi, Prestasi Belajar Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Hasil belajar tersebut merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui seberapa berhasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam tempat tinggal. Berdasarkan penelitian pendahuluan terdapat 2 kategori tempat tinggal siswa Madrasah Aliyah HM Al-Mahrusiyah. Tempat tinggal siswa ada yang tinggal di asrama dan ada juga yang tinggal dirumah bersama dengan orang tuanya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar Madrasah Aliyah siswa yang mukim di pondok pesantren dan yang non mukim atau tinggal dirumah pada kegiatan program belajar wajib Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswi yang mukim dan siswi yang tinggal di rumah orang tua pada Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Putri Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah komparatif. Sampel yang digunakan purposive sampling pada penelitian ini adalah 20 orang siswa dari populasi yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan menganalisis data hasil belajar semester genap siswa madrasah aliyah tingkat tsanawiyah dan aliyah HM Al-Mahrusiyah Kediri. Analisis data yang digunakan secara kuantitatif dengan menggunakan uji beda parametrik dengan menggunakan bantuan software SPSS 24 (0,01 < 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar madrasah diniyah antara siswi mukim dipondok dan siswi non mukim atau yang tinggal di rumah pondok pesantren lirboyo HM Al-Mahrusiyah Kediri tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Nia Sikmatul Maula
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:57
Last Modified: 28 Dec 2022 03:57
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item