Upaya guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada masa pandemi Covid 19 di MTs Taufiqiyatul Asna Kepung Kabupaten Kediri

Afandi, Adib (2021) Upaya guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada masa pandemi Covid 19 di MTs Taufiqiyatul Asna Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I skripsi.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB II skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (715kB)

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter siswa.Karakter yang diteliti yaitu disiplin dan tanggung jawab. Pembentukan karakter ini sendiri memiliki tujuan agar anak memiliki karakter-karakter tersebut sehingga menjadi manusia yang terbiasa untuk disiplin dan tanggung jawab dimanapun ia berada. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa yang kian menurun dalam hal ketepatan waktu, dan juga masalah ketidaktertiban siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 ini yang mengakibatkan ketidakberhasilan mencapai nilai yang baik. Selain itu rasa bertanggung jawab manusia sekarang terhadap lingkungan maupun alamnya yang tidak kunjung membaik pun melatarbelakangi penelitian ini. Hal tersebut yang membawa peneliti mengadakan penelitian di Mts Taufiqiyatul Asna yang mana telah berupaya untuk menjadikan ajaran Islam sebagai landasan dalam mendidik anak termasuk karakter disiplin dan tanggung jawab ini melalui kegiatan dan program-program sekolah. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru-guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi teknik, sumber, dan perpanjangan penelitian digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI, dengan guru sebagai subjeknya memiliki peran dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab. Guru PAI yang selalu mengajar dengan pemberian nasihat dan motivasi, tidak lupa juga menegur dan memberi hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar aturan. Penggunaan metode dan media pembelajaran yang ada seperti aplikasi zoom dan google meet juga dimaksimalkan dalam menyampaikan materi PAI saat daring serta melatih kedisplinan dan tanggung jawab anak, seperti penugasan-penugasan dan ketepatan waktu dalam memasuki sesi daring. Selain itu, inti materi PAI juga dapat dijumpai dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti tahfidz, pembiasaan wudhu dan sholat dhuha berjamaah. Lalu dalam sebuah upaya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya. Begitu juga di MTs Taufiqiyatul Asna. Dalam prakteknya guru, orang tua, teman sebaya, lingkungan masyarakat dan alat pembelajaran yang mempuni bisa menjadi faktor yang mendukung maupun menghambat upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab ini. Saran bagi sekolah agar PAI selalu dijadikan sebagai landasan untuk upaya penanaman karakter ini, dan agar guru serta seluruh pegawai di sekolah bisa bekerjasama untuk membudayakan kedisplinan dan tanggung jawab, sehingga anak dapat meniru dan terbiasa untuk berdisiplin juga bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ADIB AFANDI
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:47
Last Modified: 31 Dec 2022 03:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item