UPAYA MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA DI MADRASAH DINIYYAH IHYA ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KEDIRI

Fauzi, Mohammad Amar (2021) UPAYA MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA DI MADRASAH DINIYYAH IHYA ULUMUDDIN PONDOK PESANTREN LIRBOYO UNIT DARUSSALAM KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Upaya Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa di Madrasah Ihya' Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kediri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

Mutu pendidikan Siswa merupakan salah satu masalah pendidikan yang kompleks. Permasalahan ini disebabkan banyaknya variabel yang saling mempengaruhi, salah satunya adalah manajemen atau pengelolaan yang ada pada suatu lembaga. Dalam rangka meningkatkan kualias lembaga pendidikan Islam & menarik minat masyarakat untuk memasukkan putra - putri mereka ke lembaga pendidikan Islam, maka perlu adanya upaya dari manajemen kepala madrasah dan melakukan inovasi-inovasi baru ke depan yang lebih baik. Adapun fokus penelitian yang dibahas antaralain ; 1) Bagaimana upaya manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Siswa di Madrasah Diniyah Ihya Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Siswa di Madrasah Diniyah Ihya Ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri., 3) Bagaimana hasil manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Siswa madrasah diniyah Ihya’ Ulumuddin ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri pada bulan April sampai Juni 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ; 1) Upaya manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa dengan cara ; mengelola semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh Ustadz maupun siswa, meningkatkan kualitas & etos kerja Ustadz dan Pengurus madrasah, serta meningkatkan kedisiplinan & potensi siswa, sehingga tercapailah visi dan misi yang dikembangkan oleh madrasah, 2) Adapun faktor pendukungnya ; adanya lokasi pendidikan yang cukup strategis, transportasi lancar, adanya sarana prasarana yang memadai, kemudian adanya kekompakan di antara Ustadz dalam mendukung setiap kebijakan, Sedangkan faktor penghambat kualitas pendidikan santri yaitu ; kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kurangnya komunikasi antara pihak madrasah dengan orang tua Siswa, dana pendidikan yang kurang mencukupi & kurangnya kualitas SDM pengajar., 3) Hasil manajemen kepala madrasah diniyyah antara lain ; pentingnya perencanaan pembelajaran bersama dewan pengajar sebagai persiapan, pengorganisasian tugas yang dapat meringankan beban tugas satu pihak dengan lainnya sebagai bentuk kerjasama, evaluasi kinerja sebagai upaya pengukuran dan perbaikan ke depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Amar Fauzi
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:06
Last Modified: 02 Jan 2023 03:06
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item