Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Ma'ruf 2 Gondonglegi Nganjuk

Saadah, Alfiyah (2021) Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Ma'ruf 2 Gondonglegi Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
a. Cover.pdf

Download (887kB)
[img] Text
c. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (287kB)
[img] Text
f. Abstrak.pdf

Download (397kB)
[img] Text
g. Daftar Isi.pdf

Download (495kB)
[img] Text
h. Bab 1.pdf

Download (848kB)
[img] Text
i. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
j. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
k. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
l. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
m. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, masih ada generasi muda yang memiliki keterbatasan terhadap ilmu pengetahuan umum ataupun ilmu pengetahuan agama. Seharusnya para generasi muda diberikan cukup ilmu agama dengan memperdalam Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam pedoman bagi umat Islam. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum bias membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dengan menggunakan metode An-Nahdhiyah diharapkan para penggunanya khususnya santri di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk dapat mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah 4 informan. Penelitian ini dilakukan di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: 1) penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdhiyah tidak menerapkan sistem ketukan sebagai ciri khas dalam proses pembelajaran metode An-Nahdhiyah. Meskipun begitu, di TPQ ini menerapkan system pembelajaran dengan metode sorogan sebagai metode pembelajrannya. Adapun hasil belajar pembelajaran Al-Qur’an setelah diterapkan metode An-Nahdliyah yaitu terjadi peningkatan bacaan Al-Qur’an santri. 2) Kelebihan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al�Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk yaitu: mudah dipahami oleh anak-anak, semua santri yang belajar lebih cepat tanggap, konsentrasi, dan mudah dikendalikan, juga menyenangkan. melatih hubungan sosial, kerjasama, dan kekompakan. Kekurangan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk yaitu: dengan metode ini, terkesan lebih aktif guru dari pada santrinya, tidak semua orang bisa mengajarkan/memakai metode ini didalam metode ini harus memakai waktu yang lama, dan santri tidak bisa berkreasi sendiri dengan cara yang ia suka

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Alfiyatus Saadah
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:32
Last Modified: 02 Jan 2023 02:32
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item