Penerapan Metode AN-NAHDLIYAH Di tpq Al-Muktamar (Studi Kasus Pembelajaran Tpq Al-Muktamar Di Pondok pesantren Lirboyo)

syarif, miftahus (2022) Penerapan Metode AN-NAHDLIYAH Di tpq Al-Muktamar (Studi Kasus Pembelajaran Tpq Al-Muktamar Di Pondok pesantren Lirboyo). Undergraduate (S1) thesis, institut agama islam tribakti.

[img] Text
PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Metode Pendidikan, TPQ Al-Muktamar Lirboyo, Qiro’ah. Metode haruslah ada dalam sebuah proses pendidikan. Memandang dengan adanya metode, maka pembelajaran akan menjadi terarah dan memiliki tujuan yang jelas. Namun metode tidak akan paten hanya mengikuti kaidah yang dibuat oleh sebuah instansi. Di setiap instansi akan berbeda-beda penerapannya, melihat dari kondisi dan tempat belajar. Hal ini untuk menemukan yang paling baik dalam sistem pembelajaran. Sesuai dengan latar belakang di atas, maka pokok permasalahan ini dapat di rumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana pembelajaran metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Muktamar Lirboyo (2) Bagaimana proses pendidikan di TPQ Al Muktamar Lirboyo (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dari metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pembelajarannya dengan penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Muktamar Lirboyo (2) Sistem pendidikan di TPQ Al-Muktamar Lirboyo dalam mengasah kecakapan bacaan (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di TPQ Al-Muktamar Lirboyo dengan mengikutkan semua asatidz dan asatidzah diklat TPQ An-Nahdliyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Miftahus Syarif
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:44
Last Modified: 28 Dec 2022 03:44
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item