Hubungan persepsi orang tua tentang pendidikan agama Islam dengan motivasi belajar siswa di SDN Ngampel 3 Kota Kediri

Mudawamah, Nurul (2022) Hubungan persepsi orang tua tentang pendidikan agama Islam dengan motivasi belajar siswa di SDN Ngampel 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi orang tua akan pentingnya ilmu agama, sehingga proses kegiatan belajar mengajar menjadi lancer dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar anak. Untuk tujuan tersebut telah dilaksanakan penelitian dengan mengambil obyek SD Negeri Ngampel 3 Kota Kediri. Sedangkan lokasi dari obyek penelitian berada di Jalan Bunga no. 102 Ngampel, dimana permasalahannya adalah persepsi orang tua yang beranggapan kurang penting terhadap Pendidikan agama ketimbang pelajaran umum lainnya, sehingga motivasi belajar anak kurang. Untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis korelasi pearson product moment, yaitu suatu alat penelitian yang berfungsi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atau hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, yaitu antara variabel persepsi orang tua dan variabel motivasi belajar anak pada SD Negeri Ngampel 3 Kota Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dari siswa SD negeri Ngampel 3 yaitu kelas I-VI yang berjumlah 171 siswa, dan diambil random sampling sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua adalah kurang dengan prosentase 33%, sedangkan motivasi belajar anak baik dengan prosentase 77%. dan hubungannya diperoleh nilai 0,336 yangmana hasil tersebut mengutarakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dan untuk mengetahui sejauh mana hubungannya, kemudian dikonsultasikan dengan tabel intepretasi nilai r yaitu berada diantara 0,21-0,40 yang menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang lemah (tidak berkorelasi). Dengan kata lain hipotesa kerja ditolak kyang menunjukkan bahwa persepsi orang tua tidak ada hubungannya dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NURUL MUDAWAMAH
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:47
Last Modified: 02 Jan 2023 02:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item