Peran Guru dalam mendidik akhlak siswa madrasah aliyah hidayatul mubtadiin Lumajang

Miftaachuddiin, Muchammad (2022) Peran Guru dalam mendidik akhlak siswa madrasah aliyah hidayatul mubtadiin Lumajang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

This is the latest version of this item.

[img] Text
File siap upload.pdf

Download (12MB)

Abstract

Muchammad Miftaachuddiin, 2022: Peran Guru dalam Mendidik Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Lumajang, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Wasito, M.Pd. Kata kunci: Peran, Guru, Mendidik, Akhlak, Siswa Pendidikan merupakan persoalan hidup dan kehidupan manusia sepanjang hayatnya, baik sebagai individu, kelompok sosial, maupun sebagai bangsa. Pendidikan telah mampu mengembangkan sumber daya manusia yang merupakan karunia Allah SWT, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan nilainilai kemanusiaan, sehingga kehidupan manusia semakin beradab. Perilaku negatif para siswa termasuk siswa Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Mubtadiin Lumajang seperti solidaritas sesama teman terkadang malah menjadikan mereka berperilaku negatif dengan bertengkar hanya karena rasa solidaritas sesama teman, merokok, berbicara tidak sopan, dan sebagainya, oleh karena itu butuh peran dari guru dalam pembentukan akhlak peserta didik. guru harus bisa memfungsikan sebagai seorang pendidik (transfer of values) ia bukan saja pembawa ilmu pengetahuan akan tetapi juga menjadi contoh seorang pribadi manusia. Penelitian ini berjudul “Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi‟in Lumajang”. Penulisan penelitian bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan peran guru dalam mendidik akhlak siswa MA Hidayatul Mubtadiin Lumajang, faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan berbentuk kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Peniliti hadir secara langsung dalam melakukan observasi dan wawancara kepada sumber penelitian, peneliti memposisikan diri sebagai non patisipan observer. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, dengan lagkahlangkah analisis mulai pengumpulan data, pemilahan data (reduksi data), penyajian data kemudian penyimpulan data. Dalam validitas penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi, yakni membandingkan data-data yang sudah diperoleh dari satu sumber kepada sumber yang lain agar tercapai keabsahan data. Hasil dari penelitian ini memberikan pengetahuan bahwa peran guru dalam mendidik akhlak siswa Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Lumajang dilakukan dengan mengintegrasikan proses, materi dan penyelenggaraan antara madrasah dan pesantren yang dilakukan dengan menekankan pada keteladanan guru dan pembiasaan akhlakul karimah baik akhlak terhadap Allah SWT, akhlak kepada sesama dan akhlak dengan lingkungan. Namun, untuk semua itu tidak terlepas dari beberapa faktor, baik faktor pendukung ataupun faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MUCHAMMAD MIFTAACHUDDIIN Bahrun
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:46
Last Modified: 05 Jan 2023 03:46
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/476

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item