Profesionalitas guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri

Sari, Sandi Muji Kurnia (2021) Profesionalitas guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1. Sampul Skripsi nia.pdf

Download (52kB)
[img] Text
2. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN SKRIPSI YG SUDAH DI TTD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
5. surat keaslian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar + Daftar Isl.pdf

Download (279kB)
[img] Text
8. Bab I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Sandi Muji Kurnia Sari, 2021: Profesionalitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. Miftahuddin, M.Pd. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Proses Belajar Mengajar. Kompetensi profesional guru adalah seseoarang yang bertugas untuk atau menyampaikan ilmu pengetahuan, kecakapan kepada peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh aspek pribadi, untuk mewujudkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana profesionalitas guru di SMP PGRI 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam mewujudkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya mewujudkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri? Jenis penelitian ini adalah kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara/ interview dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan deskriptif / paparan data meliputi: Setting Penelitian, Paparan Data dan Temuan Penelitian, dan Pembahasan. Dari hasil paparan data, temuan penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa: (1). Profesionalitas guru dalam proses pembelajaran di SMP PGRI 2 Kota Kediri i termasuk kategori baik, dimana rata-rata guru dalam proses belajar mengajar mengembangkan keprofesionalitasnya dengan baik. (2) Upaya yang dilakukan dalam mewujudkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri diwujudkan dalam bentuk menguasai materi bahan ajar, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media pembelajaran dan penilaian dalam pembelajaran. (3) Faktor yang mendukung dan menghambat upaya mewujudkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di SMP PGRI 2 Kota Kediri yaitu tersedianya berbagai buku atau referensi serta media pembelajaran yang terpenuhi juga komitmen dan sikap kreatif guru dalam proses pembelajaran. Sedangakan faktor yang menghambat adalah : Kekurangan finansial yang menyebabkan kurang terpenuhinya sarana pembelajaran; Persiapan mengajar guru dalam menyiapkan lembar kerja dan RPP masih belum sepenuhnya siap; Masalah perspektif guru terhadap penggunaan berbagai metode dan media pembelajaran bahwa penerapannya akan sulit, menghabiskan waktu dan perlu biaya mahal menyebabkan guru ragu dan tidak maksimal dalam pembelajaran; dan Kelalaian guru dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: SANDI MUJI KURNIA SARI
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:08
Last Modified: 12 Jul 2022 04:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item