Strategi guru PAI dalam pembelajaran daring kelas 1 pada masa pandemi covid-19 di SDN Blabak 4 Kota Kediri

Nurul Farida, Ida (2022) Strategi guru PAI dalam pembelajaran daring kelas 1 pada masa pandemi covid-19 di SDN Blabak 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Strategi Guru PAI, Pembelajaran Daring Indonesia mengalami tekanan akibat bencana Covid-19. Ancaman yang terjadi mengakibatkan terganggunya aktivitas dari segala sektor kehidupan terutama pada sektor pendidikan. Sektor pendidikan diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Fokus penelitian ini adalah menganalisis Metode Pembelajaran Daring PAI di Kelas 1 SDN Blabak 4 dan faktor ketimpangan pendidikan pada masa Covid-19 di SDN Blabak 4 dan solusi mengatasi ketimpangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dimulai dari observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penjayian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun rumusan penelitian: 1) Strategi Guru PAI 2) Pelaksanaan pembelajaran daring. 3) Evaluai guru PAI dalam pembelajaran daring kelas 1. Dari temuan tersebut, solusi untuk mengatasi ketimpangan yaitu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terutama pihak pemerintah, sekolah dan orangtua untuk peningkatan kualitas pendidikan terutama pembelajaran PAI khususnya di kelas 1. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Pembelajaran Secara Daring PAI kelas 1 pada masa pandemi covid-19. Karena itu para guru PAI harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada seperti media online.Eloknya, para guru PAI secara umum sudah memiliki gagasan dalam menyikapi situasi saat ini, untuk menjaga keberlangsungan proses pembelajaran agar tidak tertinggal dalam kondisi apapun. Para guru untuk memutar otak, dalam upaya menemukan cara yang tepat dan cepat untuk melaksanakan pembelajaran di era seperti sekarang ini.Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode e-learning, yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NURUL FARIDA NURUL FARIDA
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:33
Last Modified: 27 Jan 2023 02:33
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item