Evaluasi strategi pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri

Mutoharoh, Siti (2022) Evaluasi strategi pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk..pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan adalah pelajaran yang mengulas sejarah. Strategi yang digunakan dalam pelajaran tersebut bermacam-macam, evaluasi digunakan dalam strategi tersebut agar mengetahui layak tidaknya strategi yang digunakan oleh para guru SKI. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut ; (1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri? (2)Bagaimana Evaluasi Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri? Tujuan dari peneliti adalah (1) untuk bisa mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam (2) Untuk mengetahui Evaluasi Strategi Sejarah Kebudayaan Islam, agar mengetahui seberapa sesuaikah strategi yang digunakan oleh guru SKI dalam menyampaikan kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, agar dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai makna fenomena yang terjadi di dilapangan. Lokasi penelitian berada di MTs Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri. Subjek yang diamati ialah siswa dan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan Strategi tertentu. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian, Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Islamiyah Bulurejo Kepung Kediri terdapat tiga macam Strategi yang digunakan oleh guru Sejarah Kebudayan Islam yaitu : 1. Strategi Koopertif, 2. Strategi Inkuiri, 3. Strategi Berbasis Masalah. Strategi yang digunakan oleh Guru SKI sudah sesuai atau berhasil, karena para siswa dapat menerima dari apa yang di sampaikan oleh guru-gurunya. Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam para guru tidak cukup hanya menggunakan Strategi dalam penyampaiannya , namun mereka menggunkan beberapa metode /model dalam penyampaian pelajaraan seperti: a) Metode Ceramah, b) Metode Tanya Jawab dan c) Metode Diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Siti Mutoharoh
Date Deposited: 29 Jan 2023 04:54
Last Modified: 29 Jan 2023 04:54
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item