Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk karakter hasanah peserta didik kelas VIII MTs An-Nawawiyyah Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

Zainuddin, Zainuddin (2022) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk karakter hasanah peserta didik kelas VIII MTs An-Nawawiyyah Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover dkk.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Akidah Akhlak terdapat materi-materi yang mengantarkan siswa dalam membentuk karakter yang mulia, terutama dalam pembentukan karakter religiusnya. Pembentukan dan penerapan karakter di sekolah dibutuhkan untuk menanamkan pemahaman kepada siswa, bahwa setiap bentuk perilakuakan menjadi tanggung jawab setiap manusia. Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak, implementasi dari pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter hasanah siswa, faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter hasanah siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengolahan data dan analisis data, yaitu analisis data lapangan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs An-Nawawiyyah dilakukan dengan baik sesuai dengan kurikulum yang berlaku dengan mengacu pada RPP yang digunakan di sekolah yang meliputi kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. (2) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs An-Nawawiyyah dapat dibuktikan melalui evaluasi atau penilaian. (3) Faktor pendukung pada implementasi pembelajaran Akidah Akhlak di MTs An-Nawawiyyah salah satunya adalah tidak terlepas karena usaha dari guru Akidah Akhlak itu sendiri.Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ditemukan beberapa siswa yang masih berbicara sendiri di kelas dan juga beberapa anak yang kurang disiplin seperti jalan-jalan ke tempat duduk siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Zainuddin Zainuddin
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:51
Last Modified: 05 Jan 2023 03:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item