Penerapan kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter di smp queen Al falah Ploso kabupaten Kediri

Pratama, Erik Dwi Narta (2022) Penerapan kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter di smp queen Al falah Ploso kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini di pondok pesantren merupakan salah satu kurikulum pendidikan yang menjadi pilihan dan perhatian masyarakat, masyarakat kini lebih memilihkan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan dengan nuansa agama yang kental, seperti pondok pesantren dengan kolaborasi lembaga formal. Berdasarkan pengamatan peneliti pada zaman sekarang, setelah bangsa ini terjangkit virus covid 19, system pendidikan Indonesia berubah total, mulai dari tatap muka menjadi daring hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi orang tua, karena anak – anak lebih sering bermain HP dengan dalih tugas, apalagi jika anaknya kesulitan dalam mengerjakan tugas, umumnya orang tua tidak bisa membantu dan mengajari anaknya, belum lagi mengontrol keseharian anaknya yang mana teknologi yang semakin canggih, akhlak remaja tambah mundur dan hancur dan itu terbukti dengan semakin banyak aksi kejahatan dan tindak kriminal karena minimnya pendidikan karakter yang setiap hari ada dan diberitakan di media masa dan elektronik karena kurangnya pemahaman agama yang matang. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana konsep penerapan kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter di SMP Queen Al Falah? (2) Bagaimana implikasi kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter di SMP Queen Al Falah? Baik tempat maupun sumber data, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang termasuk penelitian kualitatif deskriptif, karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan menggunakan kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur dan data yang di hasilkan juga berupa data deskriptif, yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan, di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisa, dan menginterpretasikan masalah yang di teliti, cara untuk mengintegrasian bidang studi pendidikan agama islam dengan ciri khas pondok pesantren yakni kitab kuning atau kitab gundul yakni mata pelajaran PAI di integrasikan dengan fathul qorib, ta’limul muta’alim, jauharut tauhid dan nurul yaqin. Hasil penelitian, yatu: (1) penerapan kurikulum terterintegrasi dalam membentuk karakter di SMP Queen Al Falah, secara global guru mempersiapkan materi, kemudian mencocokkan bab dengan kitab salaf yang sesuai dengan babnya tersebut, seperti bab thoharoh maka guru juga mempersiapkan fathul qorib dalam bahan ajarnya dsb. (2) dampak pelaksanaan kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter di SMP Queen Al Falah berdampak sangat positif, dengan bukti kualitas penguasaan pelajaran PAI sangat bagus dan lebih luas jika di banding dengan sekolah yang tidak menerapkannya, dengan bukti banyak perlombaan bidang agama yang di juarai. Tidak cuma itu, nilai-nilai hidden curriculum di SMP Queen Al Falah sangat menonjol salah yaitu ketaatan, keta’dziman dan takrimnya kepada guru terutama kyainya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Pratama Erik Dwi Narta
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:52
Last Modified: 05 Jan 2023 03:52
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item