Peran Mustahiq Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kitab Kuning Di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021

Najib, Aly (2021) Peran Mustahiq Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kitab Kuning Di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Institu Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam dalam pelaksanaanya membutuhkan seorang sosok yang mendampingi guna membimbing yang dalam hal ini maka seorang guru adalah sosok yang sangat tepat, dalam dunia pesantren terutama di pesantren lirboyo ada satu lembaga pendidikan yang berperan dalam pendidikan tersebut yakni Madrsah Hidayatul Mubtadiin, peran seorang pembimbing dalam lembaga ini dilaksanakan oleh seorang guru yang biasa disebut dengan mustahiq. Sosok mustahiq lebih komplek karena bagaimana seorang mustahiq akan menjadi sosok penentu pembelajaran di Madrasah hidayatul mubtadiin karena terus mengawal siswanya hampir dua puluh empat jam terutama dalam hal memahami kitab kuning. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana peran mustahiq di Madrasah Hidayatul Mubtadiin dalam menigkatkan kemampuan siswa memahami kitab kuning. (2) Apa saja faktor pendukung mustahiq dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami kitab kuning. (3) Apa saja faktor penghambat mustahiq dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami kitab kuning. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif lokasi penelitian adalah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Sumber data Mustahiq, pengurus madrasah, kepala kurikulum, kepala bidang pengawasan dan siswa, dan dokumen-dokumen serta arsip-arsip yang berkaitan dengan lembaga dan dapat dijadikan refrensi pembantu sumber pokok. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi analisis data serta keikutsertaan ketekunan peneliti, tringgulasi. Hasil penelitian (1) Peran Mustahiq dalam meningkatkan pemahaman sisiwa pada kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo dengan beberapa kagiatan dimana mustahiq harus hadir dan berperan aktif pada kegiatan tersebut diantaranya kegiatan didalam kelas yakni lalaran, meminta hafalan siswa, memaknai kitab kuning sebagai pelajaran, mejelaskannya, menjadi perumus dan mushohih ketika musyawaroh. Begitu juga kegiatan diluar kelas seperti sorogan dan wajib belajar. Ketika semua hal itu dijalankan oleh mustahiq maka meningkatkan pemahaman siswa pada kitab kuning. (2) Faktor pendukung motivasi dari para masyayikh dan rasa hormat siswa pada mustahiq yang menjadikan siswa taat pada mustahiq. (3) Faktor penghambat muncul ketika adanya siswa yang tidak taat pada peraturan mustahiq dan madarsah dan adanya tugas tambahan dari Madrsah atau pondok. Terkait kendala yang dihadapi langsung diteruskan kepada kepala madrasah agar segera dicarikan solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: najib aly
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:31
Last Modified: 01 Dec 2022 08:31
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item