Dinamika pengembangan kurikulum di pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri

waqiyulloh, mohammad (2022) Dinamika pengembangan kurikulum di pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover dkk.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (591kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Waqiyulloh, Mohammad, 2022: Dinamika Pengembangan Kurikulum Di Pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Hamam, M.Pd. Kata kunci: Dinamika, Kurikulum, Pesantren, Nasional Dalam konteks dinamika pengembangan kurikulum di Indonesia, masih menghadapi berbagai masalah dalam pengembangannya. Hal ini disebabkan perbedaan status kepemilikan sekolah, lingkungan sekolah, dan sumber daya manusia yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa permasalahan penerapan pengembangan, konstruksi yang terjadi di Pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Yang mana menjadi salah satu madrasah swasta berstatus akreditasi A. Penelitian ini bercorak kualitatif deskriptif karena terdapat penelitian lapangan (field research) dan model pengumpulan data dengan wawancara, mencatat hasil observasi dan menganalisa data yang telah diperoleh serta mengkaji dalam sub pembahasan terkait fokus pembahasan yang dipilih. Penelitian ini merumuskan beberapa hal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi kurikulum dari kedua lembaga tersebut menitikberatkan pada Subject Centered Design, yang berfokus pada mata pelajaran. Penelitian ini masih terbatas terhadap penerapan kurikulum PAI di dua madrasah tersebut, sehingga sangat diharapkan masih banyak penelitian lain dengan lokasi berbeda sehingga dapat dijadikan sebagai sumber penelitian. Sedangkan faktor-faktor penentu yang paling dominan adalah sumber daya manusia dan sarana prasarana. Perbandingan model konstruksi kurikulum di dua lembaga tersebut terletak pada esensi dan kedalaman materi. Dari data kedua lembaga tersebut, maka collaborrativecurriculum menjadi pilihan desain ulang kurikulum yang dinilai ideal dan dapat diterapkan. Implikasi metode ini juga dapat dirasakan baik oleh banyak kalangan, terutama lulusan dan alumni madrasah ini mampu bersaing dan mengisi tempat dimanapun berada. Hal ini terlihat dari sikap dan tindak tanduk yang lebih bernuansa nasionalisme-religius dengan prisip lemah lembut namun tidak menyimpang dari syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: mohammad waqiyulloh
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:10
Last Modified: 20 Jan 2023 02:10
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item