Diskusi sebagai penunjang dalam berargumen untuk meningkatkan komunikasi publik LBM HM Al - Mahrusiyah II Lirboyo Kediri

Kussairi, Kussairi (2022) Diskusi sebagai penunjang dalam berargumen untuk meningkatkan komunikasi publik LBM HM Al - Mahrusiyah II Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (416kB)

Abstract

Rekonstruksi pembelajaran 'Kitab Kuning yang dilakukan Lembaga Batsu Masa'il (LBM) Al Mahrusiyah II sudah dilaksanakan tahun ajaran 2018-2019. Dan sekarang sudah hampir tiga tahun berjalan, Diskusi ini menunjukkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswi dalam berargumen . Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mahasiswi yang mengikuti LBM mampu menerjemahkan dan menjelaskan maksud yang terkandung dalam Kitab Kuning sehingga dapat menyampaikan argumennya melalui diskusi guna untuk meningkatkan komunikasi publik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penggunaan metode penelitian sangat relevan dengan objek yang diteliti karena peneliti menjadi instrumen kunci. Hasil penelitian ini akan menggambarkan secara utuh situasi dan proses pelaksanaan kegiatan di LBM Al Mahrusiyah II. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh pemangku kepentingan yang merupakan pengelola, pembina, pelaksana dan peserta kegiatan tersebut. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam untuk mencari data yang jenuh. Ilustrasi hasil penelitian ini ditemukan penerapan LBM Al Mahrusiyah II mengadakan kelas sifir, kelas sorogan dalam ranah membaca, “memurodi” (menerjemahkan) dan memahami Kitab Kuning. Di kelas sifir pengenalan kitab kuning dan ilmu nahwu sharaf. Buku yang dipelajari bervariasi sesuai dengan tingkat pembelajaran pada setiap tahap kelas. Di kelas sifir,sorogan dan bandongan sebagai pembelajaran memaknai kitab dan mentarkib pengenalan memaknai kitab kuning . kitab yang dipelajari bervariasi sesuai dengan tingkat pembelajaran pada setiap tahap kelas. Di kelas sifir dan tahasus pengenalan kitab kuning dan ilmu nahwu sharaf. Buku yang dipelajari bervariasi sesuai dengan tingkat pembelajaran pada setiap tahap kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kussairi Kussairi
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:35
Last Modified: 09 Jan 2023 04:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item