problematika pembelajaran kitab kuning menggunakan pemaknaan arab pegon bagi santri baru di madin pesantren al-Ma’ruf Kediri

Rozak, M. Fatkhur (2022) problematika pembelajaran kitab kuning menggunakan pemaknaan arab pegon bagi santri baru di madin pesantren al-Ma’ruf Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
SKRIPSI ROZAK FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di madrasah pesantren tidak lepas dari pembelajaran kitab kuning. Kekhasan kitab kuning di madrasah pesantren dikuatkan juga dengan cara belajaranya, yaitu menggunakan pemaknaan Arab pegon sebagai sarana dalam menterjemahkan bahasa Arab yang ada di kitab kuning. Dalam praktiknya, pembelajaran kitab kuning menggunakan pemaknaan Arab pegon masih banyak problematikanya terutama bagi santri-santri baru, baik terkendala bahasa daerah yang berbeda maupun kendala teknis penulisan bahasa Jawa memakai huruf-hurf Arab. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pembelajaran kitab kuning menggunakan pemaknaan Arab pegon di Madin Ponpes Al-Ma’ruf Kediri?, 2) Bagaimana problematika yang dihadapai santri baru dalam pembelajaran kitab kuning menggunakan pemaknaan Arab pegon?. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian menunjukkan bahwa. 1) proses pengajaran membaca kitab kuning dengan pegon arab mengungkapkan tiga hal yaitu isi atau pesan, unsur kebahasaan dan unsur ekstralinguistik teks, 2) penghambatan faktor pengajaran kitab kuning dengan pegon arab di Ponpes Madin Al-Ma’ruf Kediri yang meliputi faktor kebahasaan diantaranya morfologi dan siktasis dan faktor non-linguistik meliputi: kurangnya penguasaan bahasa sumber dan bahasa sasaran, 3) Kelebihan Mengajarkan Kitab Kuning dengan Bahasa Arab pegon meliputi: a) menampilkan semua unsur teks yang ada, b) peserta didik dapat mengetahui posisi masing-masing kalimat, c) mendapatkan banyak kosakata, d) melestarikan perbendaharaan dari nusantara, dan 4) evaluasi dalam pembelajaran kitab kuning dengan makna Arab pegon dengan mengadakan ujian lisan (membaca kitab arab dengan makna arab pegon) dan ujian tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:23
Last Modified: 27 Jan 2023 02:23
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item