Implementasi pembelajaran karakter ahlak santri menurut Imam Ghozali dalam kitan Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon

Miftakhudini, Miftakhudini (2022) Implementasi pembelajaran karakter ahlak santri menurut Imam Ghozali dalam kitan Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (115kB)
[img] Text
BAB 1 sampai dengan lampiran.docx
Restricted to Registered users only

Download (356kB)

Abstract

Kata kunci: Implementasi Pembelajaran Akhlak, Pemikiran Imam Ghozali. Manusia adalah makhluk sosial sudah menjadi kodrat saling ketergantungan antara sesama, hal ini yang menjadikan antara yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan saling berinteraksi alangkah indahnya apabila pergaulan antara manusia di dasari oleh tatanan bermasyarakat dengan budi pekerti yang (akhlak yang baik), Akhlak baik akan menjadikan pribadi yang santun hal ini akan membawa pada hidayah dari Allah SWT. Barang siapa yang tidak punya akhlak yang baik, maka dipertanyakan akan keimanan seseorang. Kitab Bidayatul Hidayah merupakan satu diantara karya karya besar, yaitu oleh Imam al Ghozali yang di dalamnya termuat membahas tentang seputar proses awal seorang hamba mendapat hidayah dari Allah SWT. dan menjelaskan tentang etika dalam berusaha mendekatkan diri pada sang Maha Pencipta dengan tata cara adab yang benar. Berdasarkan uraian di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep pembelajaran karakter akhlak santri menurut Imam al Ghozali dalam Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon? (2) Bagaimana praktek pembelajaran karakter akhlaq santri menurut Imam Ghozali dalam Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderumg menggunakan analisis, dalam penelitian jenis ini lebih menonjolkan perspektif subjek.. Adapun data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari dokumen Pondok Pesantren Al-Falah Desa Tuk Cirebon Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Konsep pembelajaran karakter akhlak santri menurut Imam al Ghozali dalam Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon dengan beberapa cara diantaranya : Pertama, Konsep memiliki niat yang baik, kedua konsep pembelajaran mengawali hari dengan mengingat kepada Allah, ketiga konsep pembelajaran meninggalkan maksiat. 2) Adapun Praktek pembelajaran karakter akhlaq santri menurut Imam Ghozali dalam Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al-Falah Desa Tuk Kedawung Cirebon melalui beberapa prakter diantaranya pertama praktek akhlak saat bermunajat, akhlak kepada guru, akhlak kepada orag tua dan akhlak saat bersosial

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: miftakhudini miftakhudini
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:25
Last Modified: 27 Jan 2023 02:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item