Kreatifitas belajar berbasis sorogan dalam meningkatkan mutu akademik santri di pondok pesantren HM Antara Lirboyo Kediri

Abdurrahman, muhammad irfan nur (2023) Kreatifitas belajar berbasis sorogan dalam meningkatkan mutu akademik santri di pondok pesantren HM Antara Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2 pernyataan keaslian.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3 prsetujuan pembimbing.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4 pengesaham penguji.pdf

Download (208kB)
[img] Text
6 abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7 daftar isi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
8 bab1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
9 bab 2.pdf

Download (117kB)
[img] Text
10 bab 3.pdf

Download (54kB)
[img] Text
11 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
12 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
13 daftar pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

Pondok Pesantren HM. Antara Lirboyo Kediri tergolong lembaga pesantren yang tergolong Salaf, yang mana didalamnya masih menerapkan kitab-kitab klasik sebagai pelajaran utama. Dalam observasi awal di pondok pesantren HM Antara Lirboyo Kediri penulis menemukan beberapa realita dilapangan tentang kemandirian santri di pondok pesanren HM Antara yaitu masih banyaknya santri yang kami dapati belum mempunyai ketrampilan diri, kelak setelah menyelesaikan jenjang pendidikan ingin berusaha apa, wabil husus masih banyaknya santri yang belum dapat mengtur waktunya dengan baik dalam belajar Berdasarkan uraian di atas, maka yang m enjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Kreatifitas Belajar Berbasis Sorogan Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Santri di Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri Jawa Timur? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Kreatifitas Belajar Berbasis Sorogan Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Santri di Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri Jawa Timur? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderumg menggunakan analisis, dalam penelitian jenis ini lebih menonjolkan perspektif subjek.. Adapun data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang bersumber dari dokumen Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri terutama data yang bersumber dari kepengurusan Pondok Pesantren yang menangani tentang Pendidikan santri. oleh karenanya sumber data dalam penelitian ini adalah program kerja Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, Kreatifitas belajar berbasis sorogan dalam meningkatkan mutu akademik santri di Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri adalah dengan cara keberhasilan yang ditimbulkan berupa, pertama peningkatan kemampuan baca kitab kuning/gundul (tanpa harokat), kedua peningkatan kemampuan santri dalam mengartikan makna sesuai literlik lughot bahasa arab, ketiga peningkatan kemampuan santri dalam menjabarkan isi kitab yang dijadikan materi belajar. Adapun Faktor penghambat kreatifitas belajar berbasis sorogan dalam meningkatkan mutu akademik santri di Pondok Pesantren HM Antara Lirboyo Kediri adalah berupa, pertama kurangnya minat santri yang menjadi faktor internal. Kedua, karakter yang kurang baik dari sebagian individual para santri. Ketiga pergaulan yang kurang baik sebagai faktor eksternal yang menjadi faktor penghambat proses belajar santri melalui metode sorogan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: muhammad irfan nur abdurrahman
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:25
Last Modified: 27 Jan 2023 02:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item