peran guru pai dalam penerapan pendidikan inklusi di smpn 1 Kediri

Khamzah, Muhamad (2022) peran guru pai dalam penerapan pendidikan inklusi di smpn 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan segregasi menyebabkan pembedaan pembelajaran yang diterima oleh siswa normal dengan siswa berkebutuhan khusus Pembedaan tersebut berlandaskan pada labelling yang diberikan, khususnya kepada siswa berkebutuhan khusus sebagai salah satu kelompok sosial yang berbeda atau tidak normal. Hal tersebut yang kemudian seolah memberikan diskriminasi secara sosial dan pendidikan bagi penyandang disabilitas, dengan menempatkannya pada sekolah luar biasa yang secara sistem maupun kurikulum berbeda dengan sekolah regular. Pendidikan apapun bentuknya dan satuannya pada dasarnya diselenggarakan dalam upaya membebaskan manusia dari berbagai persoalan hidup yang melingkupinya. Sehingga, setiap siswa mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang sama tanpa terkecuali. Keterbatasan siswa berkebutuhan khusus (ABK) tidak dapat dijadikan alasan untuk menjadikan pendidikan bersifat segregatif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti memberikan paparan atau penggambaran lebih mendalam mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk naratif. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah inklusi di Kota Kediri yaitu SMPN 1 Kediri. Terdapat 8 anak berkebutuhan khusus, 1 guru pendamping khusus dan 3 guru PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran guru PAI dalam menerapkan Pendidikan inklusi di SMPN 1 Kediri. Selain mengajarkan tentang moralitas dan ajaran agama Islam, guru PAI juga berperan dalam usaha memberikan pengajaran yang layak dan optimal bagi perkembangan akademik individu ABK. Dalam menerapkan Pendidikan inklusi, guru PAI melakukan beberapa modifikasi dan memberikan beberapa inovasi pada proses pembelajaran, hal ini dilakuak agar terbetuk kondisi kelas yang mendukung bagi perkembangan pembelajaran seluruh siswa, khususya siswa ABK

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:36
Last Modified: 27 Jan 2023 02:36
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item