strategi kepala madrasah diniyah dalam menghadapi masa pandemi covid-19 terhadap mutu pendidikan santri (studi kasus madrasah diniyah ma’hadil islam kel. Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri

Saputra, Fatkhun (2022) strategi kepala madrasah diniyah dalam menghadapi masa pandemi covid-19 terhadap mutu pendidikan santri (studi kasus madrasah diniyah ma’hadil islam kel. Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
SKRIPSI FULL SAPUTRO.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi merupakan hal penting bagi setiap madrasah diniyah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Pada masa pandemi covid-19, tidak sedikit madrasah diniyah yang mengalami penurunan mutu pendidikan dikarenakan sistem pembelajaran yang digunakan adalah daring. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi kepala madrasah diniyah dalam menghadapi masa pandemi covid-19 terhadap mutu pendidikan santri. 2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah diniyah dalam menghadapi masa pandemi covid-19 terhadap mutu pendidikan santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah informan 6 narasumber yang meliputi mundzir amm, mundzir madrasah, dua orang pengajar, sekertariatan, dan dua santri siswa Madrasah Diniyah Ma’hadil Islam. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Ma’hadil Islam Kel. Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: 1) Strategi yang digunakan kepala Madrasah Diniyah Ma’hadil Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan santri pada masa pandemi covid-19 adalah: pertama, melewati Satgas covid-19, karena dengan melewati Satgas covid-19 segala kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana mestinya, hanya saja ditambahkan dengan menggunakan protokol kesehatan seperti cuci tangan, cek suhu, menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer,dan jaga jarak. Kedua, perubahan sistem kegiatan belajar mengajar (KBM), pada saat pandemi covid-19 MDMI dititipkan siswa nduduk MDHY, sehingga kurikulum yang digunakan adalah kurikulum MDHY dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa MDMI. 2) Implementasi strategi yang digunakan kepala Madrasah Diniyah Ma’hadil Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan santri pada masa pandemi covid-19 sangatlah baik dan menunjang pemahaman dan hafalan, karena dengan menggunakan kurikulum MDHY siswa-siswa MDMI menjadi tau bagaimana cara memahami pelajaran setiap malam (kero’isan), mengetahui sistem hafalan (lalaran dan mukhafadhoh), mengetahui sistem kortab (koreksian kitab), dan yang lebih penting lagi ketika ada siswa nduduk MDHY pengajarnyapun dari Lirboyo, artinya siswa-siswa MDMI akan banyak mendapatkan pengetahuan baru dari gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:21
Last Modified: 20 Jan 2023 02:21
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item