Pembelajaran akhlak dalam kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah al-Mahrusiyah III

yeni, yeni (2023) Pembelajaran akhlak dalam kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah al-Mahrusiyah III. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
SKRIPSI FULL YENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran, akhlak, kitab ngudi susilo. Penelitian ini berjudul pembelajaran akhlak dalam kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah Al- Mahrusiyah III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potret keprihatinan di era globalisasi terkait masalah kemunduran akhlak yang semakin meningkat, akhlak mempunyai pengaruh besar terhadap individu manusia. Kemunduran akhlak saat ini sudah mulai terjadi pada setiap orang, tidak hanya pada orang dewasa saja, namun sudah menyeluruh dari anak- anak sampai dewasa. Untuk menangani itu semua salah satunya adalah dengan memberikan pembelajaran akhlak dalam kitab ngudi susilo, dengan penanaman adab dan sopan adalah bekal agar peserta didik siap dan mampu hidup ditengah-tengah masyarakat yang kaya akan norma dan etika. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah pada penelitian ini sebagai berikut, (1) Bagaimana Perilaku Pembelajaran Akhlak Dalam Kitab Ngudi Susilo Di Madrasah Diniyah Al- Mahrusiyah III? (2) Bagaimana Proses Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Di Madrasah Diniyah Al- Mahrusiyah III? (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Di Madrasah Diniyah Al- Mahrusiyah III? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Adapun pembahasannya adalah secara teori yang ada dan data yang sesuai dengan realita yang terjadi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan wawancara/interview, observasi, dokumentasi dan pemaparan data beserta analisis datanya. Hasil penelitian yang ditemukan di madrasah diniyah Al-Mahrusiyah III bahwa pembelajaran akhlak dalam kitab ngudi susilo di madrasah diniyah Al-Mahrusiyah III berupa akhlak terhadap guru dan akhlak ketika belajar. Proses pembelajaran nya menggunakan metode muthola’ah, metode ceramah, metode hafalan dan metode Tanya jawab. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan melakukan kegiatan tamrin dan juga ujian madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Abdul Ajis
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:13
Last Modified: 27 Jan 2023 02:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item