PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI MTS AL MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

moehamad zarkasih, nuriman (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI MTS AL MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFRAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Abstrak MOEHAMAD, ZARKASIH NURIMAN. 2022: Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik Di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Dosen Pembimbing Dr.KH.Moh.Turmudi, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching , Prestasi Belajar PAI. Proses belajar terjadi berkat peserta didik memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh peserta didik berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Tindakan belajar tentang suatu hal tersebut tampak sebagai perilaku belajar yang tampak dari luar.Tugas pendidik adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan Kemampuan belajar anak, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar Tercipta suasana belajar secara wajar dengan penuh kegembiraan dan mengadakan Pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pengajar. Oleh karena itu, agar pendidikan dan pengajaran yang dipaparkan oleh pendidik kepada peserta Didik memperoleh respons positif pula (terjadi keseimbangan antara ranah Kognitif, afektif, dan psikomotorik). Dalam perencanaan itu guru harus menentukan model pembelajaran yang tepat agar bahan pelajaran yang disampaikan dapat disukai oleh siswa secara tuntas.Dari uraian di atas, terdapat dua fokus yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaiamana Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. (2) Bagaimana Pembelejaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terdapat pada subyek penelitian, data-data berupa kata-kata bukan angka-angka, data-datanya diambil dari wawancara, dokumen-dokumen dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) penerapan Quantum Teaching pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di MTs AL Mahrusiyah Lirboyo sudah cukup baik. Hal ini terbukti dengan melihat jawaban yang diberikan oleh siswa yang menunjukkan bahwa mayoritas siswa memilih cara menyampaikan materi yang dilakukan oleh guru sudah baik.. (2) Penggunaan penerapan Quantum Teaching yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran pendidikan Agama Islam MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Tahun Ajaran 2021/2022,yang dilakukan dengan tes observasi dan wawancara didapatkan hasil bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang dapat dilihat dari peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas dengan jumlah yang sangat baik dan meningkat serta perubahan tingkah laku peserta didik dan keaktifan dalam proses pembelajaran agama islam meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: moehamad zarkasih nuriman
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:40
Last Modified: 18 Nov 2023 02:06
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item