PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTS AL-ISLAM BOARDING SCHOOL BANGSONGAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI

Nasiruddin, Abdul Latif (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTS AL-ISLAM BOARDING SCHOOL BANGSONGAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Mata pelajaran SKI di MTs sangat penting keberadaannya, mengingat tujuannya adalah salah satu cabang dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki tujuan meningkatkan iman siswa, memberi bekal dalam kehidupan siswa, mendukung perkembangan Islam serta memperluas cakrawala pandangan siswa terhadap Agama Islam. Dapat menjadikannya sebagai sumber motivasi atas kesuksesan umat Islam terdahulu dan dapat menjadikannya sebagai bahan pelajaran yang berharga, bahan renungan yang tak ternilai harganya. Rendahnya pemahaman materi SKI di kelas VII A MTs Al-Islam Boarding School Bangsongan Kayen Kidul Kabupaten Kediri sebagian besar disebabkan oleh pemanfaatan teknik pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter materinya. Dengan tujuan memberikan pemahaman materi SKI tentang perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin secara akurat dan efektif, penting untuk memilih setrategi yang tepat. Model pembelajaran mind mapping diharapkan dapat memberikan solusi dalam pembelajaran SKI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran SKI kelas VII A MTs Al-Islam Boarding School? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran SKI setelah diterapkan mind mapping dan bagaimana dampak penerapan mind mapping pada pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran SKI kelas VII A MTs Al-Islam Boarding School dengan baik, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari jumlah 12 siswa yang mampu mencapai nilai KKM sebelum diterapkan mind mapping meningkat menjadi 24 siswa pada hasil tes akhir siklus II dan berdampak meningkatnya aktivitas belajar siswa di mata pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Abdul Latif Nasiruddin
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:43
Last Modified: 27 Jan 2023 02:43
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item