Metode tilawah dalam meningkatkan kemahiran membaca al-qur’an pada santri di Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Qur’an Lirboyo Kota Kediri

Sa'diyah, Nisaus (2021) Metode tilawah dalam meningkatkan kemahiran membaca al-qur’an pada santri di Pondok Pesantren Putri Tahfidzil Qur’an Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Sampul Dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 NISA'.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2 N.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 3 N.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB 4 N.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB 5 N.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

Mengingat begitu pentingnya peran Al-Qur’an dalam kehidupan Umat Islam maka menjadi kewajiban bagi setiap orang Islam untuk memiliki dan mempelajari Al-Qur’an minimal memiliki kemampuan dasar untuk membaca Al-Qur’an, baik dari kalangan anak-anak, pemuda maupun orang tua. Al-Qur’an merupakan nikmat Allah SWT yang sangat besar. Kitab suci yang sangat lengkap dan sempurna karena menjadi pedoman hidup di dunia akhirat. Akan tetapi, nikmat itu tidak akan dapat kita rasakan kecuali jika kita mau membaca, mempelajari, menghayati dan mengamalkannya. (1) Bagaimana penerapan metode tilawah dalam meningkatatkan kemahiran membaca al-qur’an? (2) Bagaimana dampak metode tilawah dalam meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an? Tujuan penelitain:1)Mengetahui perencanaan Metode tilawah dalam meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an pada santri dipondok pesantren P3TQ lirboyo. 2)Mengetahui pelaksanaan Metode tilawah dalam meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an pada santri dipondok pesantren P3TQ lirboyo. Pendekatan penelitian yang digunakan pada studi ini adalah pendekatan kualitatif, ialah penelitian yang “berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holestik-konfekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci” pendekatan kualitatif ini akan menghasilkan data deskriptif dalam bentuk ucapan ataupun tulisan dan perilaku orang yang sedang diamati. Hasil penelitian yaitu 1)Pembelajarannya menggunakan Formasi belajar U.2)Menggunakan dua pendekatan klasikal dan individual, yaitu klasikal terdiri dari 3 tehnik(1. Tehnik 1(guru membaca murid mendengarkan). 2. Tehnik 2(Guru membaca, murid menirukan), 3. Tehnik 3(membaca bersama-sama)). Dan pendekatan individual dengan tehnik baca simak. Dengan adanya kemamapuan membaca AlQur`an pada anak didik akan menumbuhkan akhlak yang terpuji, karena dalam Al-Qur`an banyak mempelajari tentang Akhlak kepada sesame Makhluk Dengan demikian metode Tilawati di PPTQ Lirboyo kediri dipandang sebagai salah satu metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dipercaya sebagai metode membaca Al-Qur`an yang dapat mengatasi masalah anak dalam membaca Al-Qur`an dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amilatus Sholikhah
Date Deposited: 01 Dec 2022 08:42
Last Modified: 01 Dec 2022 08:42
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item