Efektivitas metode Tahfidz dalam meningkatkan kompetensi menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus SD Tahfidz Al-Mubarok Ds. Banjarmlati, Kec. Mojoroto Kota Kediri)

Ahmad, Rafi Uddin Haq (2023) Efektivitas metode Tahfidz dalam meningkatkan kompetensi menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus SD Tahfidz Al-Mubarok Ds. Banjarmlati, Kec. Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)

Abstract

HAQ , AHMAD RAFI UDDIN.2022 “ EFEKTIFITAS METODE TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KOPETENSI MENGAFAL AL-QURAN (Studi Pada SD AL-MUBAROK Des.Banjarmlati Kec.Mojoroto Kota Kediri), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Zaenal Arifin, M.Pd. Kata Kunci : Efektifitas Metode. Kopetensi Menghafal Salah satu kelebihan manusia dibandingkan makhluk Allah SWT lainnya adalah dengan memiliki akal dan pikiran. Dengan melalui dunia pendidikan maka manusia menggunakan akal dan pikirannya dengan maksimal. Berbagai macam pendidikan yang ada di Indonesia ini membuat juga berbagai macam wadah bagi siswa untuk mengembangkan dan mendapatkan ilmu yang sesuai dengan kriteria pada anak didik. Tahfidz atau menghafalkan Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Sebab, orang-orang yang menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu hamba yang ahlullah di muka bumi. Itulah sebabnya, tidaklah mudah dalam menghafal Al-Qur’an. SD Al-Mubarok menggunakan metode tahfidz tilawah yang Efektif di gunakan dalam meningkatkan kopetensi menghafal Al-quran. Penelitian ini menggunakan teori Mulyasa. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan skala pengukuran data likert berdasarkan lima kategori penelitin ini juga menggunakan angket atau quisioner dengan populasi atau sampel Purposive (sampel dengan ciri-ciri khusus) sebanyak 30 murid yang di dampingi atau responden. Dari hasil penelitian di sebutkan nilai signifikansi sebesar , Thitung 2,923 > Ttabel 1,967 yang artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan data tersebut dinyatakan terdapat dampak yang signifikan antara Efektifitas Metode Tahfidz terhadap Peningkatan Kompetensi Menghafaldi SD TAHFIDZ AL-MUBAROK. Peningkatan Kompetensi Menghafal berdasarkan data besarnya nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,593a, dari nilai tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,352 yang mengandung perngertian bahwa pengaruh variabel bebas (efektifitas metode) terhadap variabel terikat (peningkatan kompetensi) adalah sebesar 35,2%, untuk sisanya sebesar 64,8% dipengaruhi olehf aktorlain yang tidak ikut serta diteliti oleh peneliti. Dalam penelitian ini peningkatan kompetensi menghafal 35,2% dipengaruhi oleh efektifitas metode tahfidzdan untuk sisanya yang telah disebutkan diatas dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, diantaranya adalah motivasi, dukungan sosial, dan lain sebagainya seperti yangt elah dijelaskan pada penlitian-penelitian terdahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: AHMAD HAQ
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:03
Last Modified: 10 Apr 2023 09:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item