Relevansi Pendidikan Akhlak Dengan Kitab Ta’lim AlMuta’allim Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kedunglo Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri

siti robiatul, awaliah (2023) Relevansi Pendidikan Akhlak Dengan Kitab Ta’lim AlMuta’allim Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kedunglo Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V (4).pdf

Download (345kB)

Abstract

ABSTRAK AWALIAH ROBIATUL, SITI, 2021: Relevansi Pendidikan Akhlak Dengan Kitab Ta’lim AlMuta’allim Di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kedunglo Kecamatan Mojoroto Kabupaten Kediri, Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Drs. Bustanul Arifin M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Pendidikan secara umum dipahami sebagai proses pendewasaan sosial menuju tatanan yang semestinya, yakni terciptanya manusia seutuhnya yang meliputi keseimbangan aspek-aspek kemanusiaan yang selaras dan serasi baik lahir maupun batin. Di dalamnya terkandung makna yang berkaitan dengan tujuan, memelihara, mengembangkan fitrah serta potensi menuju terbentuknya manusia ulul al-albab. manusia dibekali akal fikiran yang berguna untuk membadakan antara yang hak dan yang bathil. Bahkan selamat dan tidaknya manusia, tenang dan resahnya manusia tergantung pada akhlaknya. Adapun tujuan dari semua tuntunan AlQur’an dan Hadist adalah menjadi manusia yang secara pribadi dan kelompok mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah SWT dan khalifah di bumi, guna membangun dunia ini dengan konsep yang ditetapkan oleh Allah SWT dengan kata lain yang lebih singkat dan sering digunakan adalah untuk menjadi hamba yang bertaqwa pada Allah SWT. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) bagaimana pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf? (2) adakah relevansi pendidikan akhlak dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim di pondok pesantren Al-Ma’ruf? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif korelasi. Adapun pembahasannya bersifat teoritis dan empiris disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan kenyataan yang ada. Dengan jumlah subjek pengasuh, 4 guru, 4 pengurus pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kedunglo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: 1) Pendidikan akhlak merupakan usaha pengasuh Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kedunglo yang tentunya sangat sistematis terarah dalam mengembangkan kepribadian dan kemampuan dasar menuju perubahan tingkah laku dan pendewasaan para santri. Dalam mengembangkan kepribadian menuju perubahan tingkah laku dan pendewasaan, maka para santri harus mempunyai pondasi yang kuat agar nantinya menjadi santri yang berakhlak alkarimah. 2) Pendidikan akhlak dengan kitab Ta’lim Al-Muta’allim di Pondok Pesantren sangat relevan atau berta’alluq. Karena dipandang dari basic Pondok Pesantren itu sendiri mengutamakan untuk berakhlakul Karimah. Bahkan bukan hanya berta’alluq, namun juga menjadi tujuan dari Pondok Pesantren untuk mencetak santri yang bukan hanya intelektual namun juga berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: siti robiatul awaliah
Date Deposited: 10 Apr 2023 08:57
Last Modified: 18 Nov 2023 02:19
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item