KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN POLA KEHIDUPAN ISLAMI DI MA MA’ARIF UDANAWU

FAUZI, IRFAN (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN POLA KEHIDUPAN ISLAMI DI MA MA’ARIF UDANAWU. IAI TRIBAKTI KEDIRI.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah dalam mengembangkan pola kehidupan Islami di MA Maarif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini:1) Bagaimanakah kehidupan islami yang terdapat di MA Maarif Udanawu. 2) Bagaimanakah teknis seorang kepala madrasah dalam menarapkan dan mengambangkan kehidupan yang islami dalam lingkungan MA Maarif Udanawu. 3) Bagaimanakah kendala yang dihadapi seorang kepala madrasah dalam menerapkan kehidupan islami di MA Maarif Udanawu. Temuan penelitian ini adalah : 1) Pola kehidupan Islami yang diterapkan di MA Maarif Udanawu Blitar adalah baju seragam ibu guru yang bukan lagi celana ataupun rok tapi berupa jubah agar semakin mendekati syari dalam agama islam, selanjutnya adanya pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan agar mereka yang bukan mahrom tidak berkumpul didalam tempat yang sama sesuai ajaran agama islam, berikutnya adalah pengajaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan Sunnah seperti membaca sholawat setiap sebelum jam pembelajaran dimulai dan pembacaan doa ketika jam pelajaran telah selesai. 2) Kepemimpinan di MA Maarif Udanawu Blitar merupakan kepemimpinan yang beriorentasi pada misi dan misi, kepemimpinan yang sangat mengayomi pada seluruh bawahanya dan selalu melakukan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Dalam upaya pengembangkan pola kehidupan Islami ini hal yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi dan motivasi kepada seluruh stakeholder sekolah agar terus bekerjasama mengembangkan budaya-budaya sekolah Islami agar menjadi madrasah yang bisa jadi inspirasi bagi madrasah-madrasah lainnya. 3) Banyak faktor diantaranya struktur organisasi yang solid, kerjasama antar stakeholder sekolah yang baik serta lingkungan kerja yang sangat memungkinkan untuk mengembangkan pola kehidupan Islami. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa setiap kegiatan islami di MA Maarif memiliki faktor yang menjadi kendala dan pendukung dalam pelaksanaanya salah satu diantaranya berasal dari tiap individu yang memiliki semangat serta niatan untuk menjalani pola kehidupan islami. Sedangkan pendukung terbesar adalah adanya rasa percaya penuh dari wali murid kepada madrasah untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan pola kehidupan islami yang selama ini menjadi ciri khas dari MA Maarif itu sendiri

Item Type: Other
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ARINI KHOIRUN NISA
Date Deposited: 27 Feb 2022 03:39
Last Modified: 27 Feb 2022 03:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item