Penerapan model pembelajaraan kooperatife tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas viii b Mts al-Amien Ngasinan Kota Kediri MTs Al-AMIEN NGASINAN KOTA KEDIRI

Aziz, Muhamad Refkillahil (2022) Penerapan model pembelajaraan kooperatife tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas viii b Mts al-Amien Ngasinan Kota Kediri MTs Al-AMIEN NGASINAN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (64kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian.pdf

Download (216kB)
[img] Text
surat persetujuan pembimbing.pdf

Download (129kB)
[img] Text
surat pengesahan tim penguji.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)

Abstract

Dalam pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Ngasinan Kota Kediri. siswa terlihat kurang aktif dan motivasi belajar siswa kurang. Dikarenakan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran kurang bervariasi. Walaupun guru telah menerapkan metode berkelompok atau diskusi, akan tetapi belum menggunakan model pembelajaran Jigsaw, dan berpengaruh pada aktivitas keaktifan belajar. Dalam kondisi diatas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran jigsaw berpengaruh pada keaktifan belajar siswa. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII B MTs Al-Amien Ngasinan Kota Kediri semester genap Tahun Ajaran 2022 ? (2) Bagaimanakah keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas VIII B dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di MTs Al-Amien Ngasinan Kota Kediri semester genap Tahun Ajaran 2022 ? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Al-Amien Ngasinan Kota Kediri Tahun Ajaran 2022 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya Peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I dalam penelitian ini menunjukan kriteria keaktifan belajar siswa cukup nampak yang dimana pada siklus I persentase keaktifan belajar siswa 66,6% . meskipun pada pelaksanaan pada siklus I sudah cukup aktif namun masih banyak hal yang harus diperbaiki pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II setelah dilakukan perbaikan siklus I oleh peneliti terdapat peningkatan. Pada pelaksanaan siklus II memperoleh persentase keaktifan belajar siswa 87,5% dengan kriteria keaktifan belajar sangat aktif , Terlihat sangat jelas pada siklus II mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar akidah akhlak pada siswa kelas VIII B MTs Al-Amien Ngasinan Kota Kediri Tahun Ajaran 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:30
Last Modified: 27 Jan 2023 02:30
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item