Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui Metode Timeline di MA AL-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Ainun, Nur (2022) Optimalisasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui Metode Timeline di MA AL-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
cover skripsi jambi.pdf

Download (913kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (730kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (357kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (486kB)

Abstract

Mempelajari pembelajaran SKI bagi umat Islam sangat dianjurkan terlebih lagi diterapkan dalam kurikulum pendidikan Agama Islam. Mengingat pembelajaran SKI ini dihadapkan langsung contoh sejarah dari tauladan Nabi kita Nabi Muhammad dan sahabat-sahabat Nabi serta tokoh-tokoh berpengaruh dalam Islam. Dengan demikian, terdapat banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari sejarah perjuangan Islam ini sehingga pengalaman tersebut sangat penting diterapakan di kehidupan kita terlebih lagi sebagai panutan dizaman sekarang. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui fokus penelitian sebagai berikut (1) Desain pembelajaran SKI melalui metode timeline di MA kelas XI Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri (2) Penerapan pembelajaran SKI melalui metode timeline di MA kelas XI Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan hasil berupa (1) Desain Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berupa perencanaan dengan tujuan pembelajaran dan praktek melalui metode timline di kelas XI MA yang dialami siswa dan siswi berjalan sesuai yang direncanakan dengan berjalan lancar. Dilihat dari ketidaktahuan dalam cara pembelajaran metode timeline dengan menyesuaikan pembelajaran materi SKI yang dipelajari maka siswa di ajarkan menggunakan metode yang cocok dalam pembelajaran tersebut. (2) Penerapan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui metode timeline ini diterapkan di MA kelas XI Al-Mahrusiyah, pembelajaran SKI di MA kelas XI dengan pelaksanaan pembelajaran SKI yang sangat penting dalam kurikulum pendidikan Islam serta dengan tujuan membuat silabus agar pembelajaran sampai target yang ditentukan. Pembelajaran SKI di Madrasah aliyah dilaksanakan dua kali dalam satu minggu terbagi 2 KBM yaitu sesi pagi khusus siswi dan sesi siang khusus siswa waktu 50 menit kecuali hari jum’at waktu 40 menit disesuaikan dengan perencanaan dan ketentuan dari madrasah aliyah. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui ujian semester, harian dengan waktu tertentu dan observasi lansusng oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Nur Ainun
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:51
Last Modified: 18 Nov 2023 02:30
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item