Penerapan makna arab pegon pada kitab Mabadiul Fiqih dalam meningkatkan kemampuan belajar santri kelas V Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri

Mubarok, Husni (2022) Penerapan makna arab pegon pada kitab Mabadiul Fiqih dalam meningkatkan kemampuan belajar santri kelas V Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (255kB)

Abstract

Pemaknaan arab pegon merupakan kegiatan belajar santri dengan cara memaknai kitab kuning arab menggunakan bahasa jawa yang ditulis menggunakan huruf arab dengan cara mendengarkan seorang ustadz yang membacakan makna kitab kuning. Dengan penerapan arab pegon diharapkan dapat meningkatkan pemahaman santri seperti pemahaman kognitif, afektif dan psikomotorik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Mabadi’ Fiqih di kelas V pada MADIN Hidayatul Mubtadiin Lirboyo ? (2) Bagaimana evaluasi penerapan pemaknaan arab pegon kitab Mabadi’ fiqih di kelas V pada MADIN Hidayatul Mubtadiin ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Mabadi’ fiqih di MADIN Hidayatul Mubtadiin lirboyo tahun pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi penerapan pemakaan arab pegon kitab mabadi’ fiqih di kelas V MADIN Hidayatul Mubtadiin tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang meliputi trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa:1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Mabadi’ Fiqih pada santri kelas V di MADIN Hidayatul Mubtadiin selama proses pembelajaran berlangsung dengan baik, santri memaknai kitab menggunakan arab pegon dengan menggunakan ruju` serta singkatan untuk mempermudah dalam memakanai dan memahami kitab Mabadi’ fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Husni Mubarok
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:03
Last Modified: 09 Jan 2023 03:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item