Implementasi Kitab Washoya Dalam Pembentukan Akhlak Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Anak Tahap Remaja)

Maemun, Muhammad (2023) Implementasi Kitab Washoya Dalam Pembentukan Akhlak Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Anak Tahap Remaja). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover_skripsi[1].pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (51kB)
[img] Text
ABSTRAK[1].pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB_II[1].pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB_III[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB_IV[1].pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (137kB)

Abstract

Pembentukan akhlak sejak usia dini sangatlah penting. Hal ini karena terbentuknya akhlak disebabkan pembiasaan sikap setiap harinya. Tujuannya adalah agar terbentuknya pribadi muslim yang berakhlak terpuji, taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada siapapun terlebih kepada orang tua dan guru. Pembentukan akhlak ini dapat dibentuk melalui sistem pendidikan. Terlebih pondok pesantren sebagai garda terdepan dalam pembentukan akhlak. Bahkan, akhir-akhir ini trend perkembangan jumlah santri di seluruh pesantren meningkat serta tingkat kepercayaan orang tua kepada pesantren juga bertambah. Hal ini disebabkan karena adanya rasa kekhawatiran orang tua terhadap lingkungan sang anak yang kian hari cenderung jauh dari tatanan nilai-nilai moral yang diharapkan. Di samping itu adanya anggapan yang sudah mengakar di masyarakat bahwa pesantren mampu menjadi bengkel dan filter dari segala perilaku negatif. Penerapan atau pembinaan akhlak dalam Pondok Pesantren merupakan latihan dalam menerapkan dari pembelajaran kitab yang berkaitan akhlak. Pembelajaran kitab washoya dalam Pondok Pesantren merupakan bekal yang diajarkan kepada para santri untuk membenahi serta membentuk dan menerapkan akhlaqul karimah. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana pembelajaran kitab Washoya di Pondok Pesantren HM Antara? 2) bagaimana implementasi kitab Washoya dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren HM Antara?. Sementara tujuan dari penelitian ini, adalah 1) mengetahui pembelajaran kitab Washoya di Pondok Pesantren HM Antara 2) mengetahui implementasi kitab Washoya dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren HM Antara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic dan dengan deskripsi dalam bentuk kata-kata dan ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kitab Washoya diajarkan di Madrasah Hidayatul Mubtadiin (MHM) Lirboyo di kelas 2 Tsanawiyah dengan durasi waktu 1,5 jam menggunakan metode guru membacakan lafadz dan makna pegon. Selanjutnya guru akan menerjemahkan teks arab tersebut dan dijabarkan. 2) implementasi kitab Washoya dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren HM Antara secara keseluruhan cukup berhasil meskipun masih ada beberapa santri yang belum mengimplementasikannya, terutama santri baru yang belum mengkaji dan menghayati isi kitab Washoya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 200 Agama > 208 Sumber-sumber umum agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with email Maemunmuhammad99@gmail.com
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:39
Last Modified: 27 Jan 2023 02:39
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item